8 Jenis Kepintaran Anak

Baby & Kids - 06 Feb 2019

Anak yang cerdas idaman semua orangtua. Nilai ulangan dan hasil raport yang baik seringkali jadi patokan. Kecerdasan dipahami sebatas prestasi akademik semata.

Padahal, ada 8 jenis kecerdasan pada tiap orang, yang dikenal sebagai multiple intelligences atau kecerdasan majemuk. Teori ini pertama kali diperkenalkan oleh profesor di bidang pendidikan dari Universitas Havard, Dr. Howard Gardner, PhD. Delapan jenis kecerdasan tersebut adalah word smart (kecerdasan linguistik), number smart (kecerdasan logika-matematika), self smart  (kecerdasan intrapersonal), people smart (kecerdasan interpersonal), music smart (kecerdasan musikal), picture smart (kecerdasan visual-spasial), body smart (kecerdasan kinetik), dan nature smart (kecerdasan naturalis).

Setiap anak bisa saja memiliki delapan jenis kecerdasan ini. Hanya saja, ada anak yang hanya menonjol pada satu atau lebih jenis kecerdasan tersebut. Dengan mengenali 8 jenis kecerdasan ini, orangtua bisa menggunakan beragam cara untuk membantu buah hatinya mengoptimalkan semua potensi di setiap area kecerdasannya. - red

foto: wpengine.netdna-ssl.com