Aktivitas Belajar Seru yang Wajib Dicoba Si Kecil

Baby & Kids - 07 Dec 2018

Balita memang dikenal energik. Sulit rasanya untuk membuat mereka duduk diam sesaat saja, iya kan? Dan orangtua yang kelelahan, biasanya melakukan apa saja agar buah hatinya bisa duduk diam dengan tenang. Padahal, ada cara seru lagi bermanfaat yang bisa dilakukan Si Kecil agar ia bisa duduk manis sambil belajar. Ini dia aktivitasnya!

1. Memilih Huruf Sebagai Tema Belajar Hari Ini

Misalnya hari Senin Anda memilih huruf P. Biarkan hari ini berjalan sesuai dengan tema huruf P, misalnya Anda membuatkannya makanan yang diawali huruf P seperti pisang, pasta, pie dan sebagainya. Lalu Anda terangkan bahwa makanan tersebut memiliki huruf depan P.  Biarkan pula Si Kecil mengeksplorasi huruf P, seperti mencetak huruf P dengan dough atau lilin mainannya. Dalam waktu singkat buah hati Anda dengan mudah mempelajari Alfabet.

2. Scrabble

Scrabbel adalah permainan yang terkenal di dunia untuk segala usia, dan sangat fleksibel sehingga Si Kecil pun dapat memainkannya. Undang teman-temannya untuk bermain scrabble bersama buah hati Anda. Buatlah keeping-keping huruf tersebut menjadi satu kata yang mengandung arti  misalnya bola. Dampingi Si Kecil saat bermain Scrabble.

3. Kue dan Cokelat Berbentuk Alfabet

Waktu snack time atau ngemil adalah saat terbaik mengajak anak makan sambil belajar huruf dan angka. Anda bisa menyiapkan kue kesukaannya atau cokelat berbentuk huruf dan angka. Saat ini banyak dijual cetakan kue dan cokelat berbentuk Alfabet. Anda bisa mengajak Si Kecil berkreativitas membuat kue bersama. Sambil bersenang-senang, ia juga belajar mengenal huruf dan angka.

4. Alfabet Makaroni

Menjadikan makanan sebagai hiasan atau aksesori? Mengapa tidak. Yang Anda butuhkan hanya macaroni spiral yang banyak. Tulislah huruf atau kata pada sebuah wadah, lalu minta anak untuk merangkainya dengan makaroni mentah secara berurutan. 

5. Mainan Pelangi

Umumnya mainan anak berwarna-warni. Anda bisa memanfaatkan mainan tersebut untuk mengajari Si Kecil tentang pelangi. Pilih mainan dengan aneka warna pelangi, kemudian susun secara berurutan. Lalu minta anak Anda untuk memilih warna yang sama dan menyusunnya seperti warna pelangi. Kegiatan ini akan mengajarinya cara mengurutkan, mengenali warna dan juga keterampilan organisasi dasar.

6. Manajemen Rutin

Disiplin adalah hal yang wajib diajarkan pada anak-anak. Memang, mengajarkan disiplin tidak mudah. Agar Si Kecil gampang mengikuti aturan dasar, coba gunakan time table yang bentuknya lucu dan warna-warni. Gantung time table di tempat yang bisa dillihat anak setiap hari, dan gunakan time table untuk mencatat perilaku anak. Beri stiker 3 bintang untuk perilaku sangat baik.  Dengan cara ini anak belajar di mana dan kapan ia bertindak benar atau salah dalam perilakunya. Setiap kali anak Anda mengikuti aturan tanpa diberi tahu atau diingatkan, pujilah dia. Dalam waktu singkat, Anda akan melihat perbedaan positif pada anak. (red)

Foto: momjunction.com