Bayi Pantang Minum Jus?

Baby & Kids - 03 Apr 2018

Jus buah dikenal kaya akan vitamin. Namun memberikan jus buah pada bayi ternyata tidak sesehat yang Anda kira. Tak hanya American Academy of Pediatrics (AAP), Australian Government’s National Health and Medical Research Council, Health Canada, serta National Health Service Inggris, menegaskan bahwa jus buah tak diperlukan bayi di bawah usia 12 bulan. 

Selama 6 bulan pertama usianya, bahkan di iklim yang panas, air dan jus tidak diperlukan bayi. Jus buah justru bisa memicu alergi. Untuk bayi usia 6 bulan ke atas pun, jus buah tetap tidak direkomendasikan. Minuman manis berhubungan dengan karies gigi. Jus buah yang mengandung sorbitol atau fruktosa yang tinggi menyebabkan kegelisahan, perut bergas, dan stomach distress. Terlalu banyak mengonsumsi jus mengakibatkan malnutrisi dan anemia, karena anak kehilangan nutrisi lain yang mereka butuhkan, termasuk protein dan karbohidrat kompleks. 

Buah utuh justru lebih bermanfaat bagi bayi dan anak daripada jus, karena jus tidak memiliki serat penting yang dibutuhkan tubuh. Jika Anda tetap ingin memberikan jus pada anak, sebaiknya encerkan jus bersama air matang dengan perbandingan 1:10, dan tak lebih dari 120ml per hari. - FD

foto: www.happiestbaby.com