Begini Caranya Agar Bayi Anda Suka Tertawa

Baby & Kids - 15 Jan 2019

Sebagai orangtua baru, tentunya masih bingung dengan hal-hal baru seputar tumbuh kembang anak. Apalagi yang masih bayi. Bahkan cara membuatnya tertawa pun masih bingung, bagaimana caranya. Padahal, tahukah Anda, bahwa bercanda dan tertawa bersama bayi ternyata bisa mengatasi hambatan komunikasi? 

Selain itu, orangtua juga bisa lebih dekat dengan si buah hati, dan bayi lebih mudah diajak berkomunikasi. Ingin tahu perkembangan rasa humor pada bayi? Lantas, cara apa yang paling mudah untuk membuat Si Kecil senang tertawa di kisaran usianya? Simak yang berikut ini ya:

1. Bayi 0-6 bulan. Senyum pertama bayi akan mucul di usia 6 minggu. Bayi sangat menyukai permainan lucu saat orangtua mengeluarkan suara-suara aneh. Bayi juga menyukai gerakan-gerakan lucu. Misalnya saat menggendong, ibu bisa berjongkok dan kemudian berdiri lagi berulang-ulang.

2. Bayi 6-12 bulan. Di usia 10 bulan, bayi bisa mencari sendiri hal yang bisa membuatnya tertawa. Bayi juga menganggap lucu sesuatu yang tak lazim, misalnya ketika kita memakai celana di kepala. Memasuki usia 1 tahun, permainan cilukba adalah permainan yang paling mudah membuatnya tertawa.

3. Bayi usia 12-18 bulan. Bayi usia 1 tahun sudah mulai bisa tertawa melihat tontonan favoritnya. Saling menggelitik adalah permainan favorit bayi di usia ini.

4. Bayi usia 18 bulan ke atas. Bernyanyi bersama-sama sambil menirukan perilaku dan suara hewan sangat disukainya. Saat ini bayi sudah mulai bisa memahami humor secara verbal. Tingkah laku badut juga bisa membuatnya tertawa terpingkal-pingkal.

Bagaimana, tidak terlalu sulit bukan? Semoga dengan terus mempraktekkan hal ini, Anda dan pasangan akan semakin terbiasa dan semakin tahu gerakan/suara apa saja yang bisa membuat Si Kecil senang dan tertawa terbahak-bahak. Selamat mencoba! (red)

Foto: diapercakes.com.sg