Kenali Gejala TBC, Penyakit Mematikan pada Anak

Baby & Kids - 12 Feb 2018

Sepertiga dari populasi dunia rentan terhadap infeksi tuberkulosis. Penyakit ini merupakan salah satu penyebab kematian yang sering pada anak. 

Gejala spesifik anak menderita TBC antara lain: 

- Anak susah makan dan memiliki berat badan yang kurang dari rata-rata anak seusianya. Atau, jika ada peningkatan berat badan, namun tidak sesuai sesuai atau di bawah yang semestinya.

- Mudah terserang penyakit. Wajar jika sesekali anak menderita sakit pilek dan batuk. Namun, pada anak yang terinfeksi tuberkulosis, mereka lebih mudah tertular penyakit. 

- Batuk yang tak kunjung pulih atau batuk berkepanjangan. Gejala ini yang paling dikenal masyarakat sebagai penyakit tuberkulosis. 

- Anak terlihat lemah, letih, lesu dan tidak bersemangat melakukan aktivitas.

- Demam dan berkeringat pada malam hari. 

- Terdapat tonjolan/ benjolan di leher. 

- Diare yang tak kunjung pulih.

Disamping gejala yang bersifat umum, dijumpai pula gejala-gejala khusus, seperti benjolan di tulang belakang, pembengkakan sendi (sendi pinggul, lutu, dan sendi ruas jari), kejang dan penurunan kesadaran, jantung bengkak atau perut membesar. 

Pengobatan Tuberkulosis

Penyakit ini dapat disembuhkan. Pengobatannya butuh waktu 6-12 tergantung berat-ringannya penyakit. Supaya penyakit sembuh secara tuntas, anak harus minum obat dengan teratur setiap hari. Sebaiknya obat diminum ketika perut kosong agar penyerapan obat maksimal. 

Selain mengonsumsi obat dengan teratur, perhatikan juga nutrisi untuk anak. Tentunya yang bergizi dan seimbang. Perhatikan pula lingkungan rumah Anda., harus bersih dengan pencahayaan dan ventilasi yang baik. 

Berikan anak imunisasi BCG saat bayi. Vaksin BCG bermanfaat untuk mencegah seseorang terkena penyakit tuberkulosis. Tujuan pemberian BCG tidak hanya untuk mencegah TBC tetapi mengurangi risiko TBC berat seperti TBC meningitis dan TBC miliar.

Keberhasilan pengobatan TB dapat diamati dengan memonitor perbaikan gejala penyakitnya seperti peningkatan berat badan, demam menghilang, batuk menghilang, pembesaran kelenjar getah bening mengecil dan gejala lainnya menghilang. Umumnya perbaikan nyata terjadi pada 2 bulan pertama pengobatan. Dengan memperhatikan berbagai gejala yang mungkin timbul diharapkan orangtua bisa mendeteksi sejak awal kemungkinan sang buah hati menderita tuberkulosis. (YU)

Foto: bundoo.com