Libatkan Makanan Keluarga Dalam MPASI

Baby & Kids - 10 Aug 2017

Buah hati sudah saatnya mendapatkan makanan pendamping ASI? Ibu tak usah pusing. Apalagi sampai mengalokasikan dana khusus untuk membeli MPASI mahal. Sejatinya, MPASI bisa diolah dari makanan sehari-hari, bahkan bayi boleh diperkenalkan dengan makanan yang dikonsumsi saat bunda hamil. Bayi sudah mengenali makanan yang dikonsumsi bundanya saat ia berada dalam kandungan, sehingga proses pemberian MPASI akan berjalan lebih lancar. 

Menurut Dr. dr. Damayanti R Sjarif Sp.A(K), dokter spesialis anak sub-spesialisasi nutrisi dan penyakit metabolik RSCM, ibu jangan ragu memperkenalkan makanan keluarga dalam MPASI, misalnya rendang. Kandungan protein dalam daging dipercaya baik untuk perkembangan otak dan pertumbuhan tubuh anak. "Anak boleh saja makan daging yang mengandung santan. Menurut penelitian, anak Indonesia sering mengalami stunting (kerdil) karena kurang protein," ujar Damayanti di sela-sela temu media 'Solusi Menjawab Tantangan Pemenuhan Kebutuhan Nutrisi Anak' yang diselenggarakan Philips Avent di Jakarta, baru-baru ini. 

Agar anak tidak tersedak, daging merah sebaiknya dihaluskan. Menurut dokter spesialis anak yang berpraktik di RSCM ini, anak harus mendapatkan sumber protein dan nabati. "Penyerapan protein yang dibutuhkan anak bukan cuma dari buah dan sayur, tapi juga dari daging dan ikan," tambahnya. Damayanti tak 'mengharamkan' makanan keluarga diberikan juga ke bayi dalam bentuk MPASI. "Makanan tradisional kita yang biasa dimakan ibunya, bisa untuk bayi asal tekstur makanan itu halus," imbuhnya. 

Selain rendang, makanan keluarga yang bisa diberikan ke bayi dalam bentuk MPASI adalah gulai daun singkong tumbuk yang dicampur ikan teri dan perasan air jeruk dari Sumatera Utara. Gulai daun singkong tumbuk,kaya dengan zat besi. "Zat besi untuk bayi di atas 6 bulan tak bisa lagi hanya dipenuhi dari ASI. Karenanya harus ditambahkan dalam MPASI," ujarnya. Damayanti menambahkan, prinsip MPASI adalah mengenalkan makanan keluarga dengan tekstur yang disesuaikan kemampuan oromotornya. "Jadi perkenalkan makanan Indonesia yang sehat sesuai dengan ketersediaan bahan lokal," pungkasnya.

Sumber:dokterdigital.com

foto: feedingguide.com.au