Melatih Anak Berhenti Ngompol

Baby & Kids - 08 Oct 2018

Anak ngompol di malam hari adalah hal yang lumrah dan umum terjadi. Biasanya pada usia anak 5 sampai 6 tahun. Mungkin Anda merasa kesal, dan anak pun merasa sedih, malu dan takut. Tapi, cobalah untuk bersabar. Anak ngompol di malam hari, bukan salahnya.

Mengapa anak ngompol? Bukan karena mereka jorok dan malas. Ngompol atau juga dikenal sebagai enurosis nokturnal memiliki banyak penyebab: kandung kemih anak Anda mungkin tidak berkembang cukup untuk menahan urin yang diproduksi pada malam hari, anak mengalami peristiwa stress atau merasa cemas akan sesuatu (misalnya mulai sekolah baru, tidur jauh dari rumah dan sebagainya). Ketidakseimbangan hormon juga bisa menjadi penyebab anak mengompol. Selama masa kanak-kanak, beberapa anak-anak tidak menghasilkan cukup hormon anti-diuretik (ADH) untuk memperlambat produksi urin di malam hari sehingga menyebabkan mereka ngompol.

Dalam banyak kasus, anak akan berhenti mengompol pada akhirnya, dan Anda juga bisa membantunya mengatasi masalah ini. Berikut sejumlah tips untuk membantu anak Anda berhenti ngompol di malam hari: