Melatih Si Kecil Tengkurap

Baby & Kids - 10 Feb 2019

Tengkurap merupakan tahapan awal bagi bayi untuk bisa merangkak, berdiri, dan berjalan dengan baik. Umumnya bayi mulai bisa membalikkan badan dan tengkurap sendiri di usia 3-6 bulan. Lakukan stimulasi ini pada si Kecil:


- Letakkan si Kecil dalam posisi tengkurap selama 3-5 menit, kemudian balikkan badannya kembali. Bila sudah terbiasa, tingkatkan durasinya menjadi 10-15 menit sehari. Lakukan 3 kali tengkurap setiap harinya.


- Sebagai variasi, Anda bisa berbaring terlentang dan meletakkan Si Kecil tengkurap di atas perut Anda. Dengan cara ini, Anda bisa mengamati kenyamanan dan keseimbangan bayi dalam posisi tengkurap. Jika ia terlihat tak nyaman, segera angkat atau gendong.


- Saat menyusui, usahakan memberikan ASI dalam posisi miring. Lakukan secara bergantian, miring ke kiri atau kanan.


- Gunakan mainan yang ia sukai untuk menarik perhatiannya. Bunyikan dan gerakkan mainan tadi di sampingnya, agar ia merespon dan berusaha meraih mainan tersebut dengan memiringkan dan membalikkan badan.

- Saat si Kecil berada pada posisi tengkurap, sesekali gulingkan tubuhnya menjadi posisi telentang. Bila ia sudah merasa nyaman dengan posisi tengkurap, maka ia akan berusaha membalikkan tubuhnya sendiri ke posisi tengkurap tanpa bantuan. Bila belum bisa, bantu dengan menyilangkan salah satu kakinya agar bisa menggulingkan tubuhnya sendiri. - red


foto:stocksy united