Membuat Mainan Sendiri Untuk Anak

Baby & Kids - 13 Feb 2018


Selain seru, membuat mainan sendiri dapat menambah wawasan dan mengasah kreatifitas anak. Bahan-bahannya nya pun mudah, karena dapat memanfaatkan barang yang sudah tidak terpakai yang ada disekeliling kita. 

Untuk menjadikan anak kreatif dan cerdas ada banyak cara yang dilakukan dan salah satunya adalah bermain. Ketika bermain, anak dapat menentukan pilihan, apa yang harus mereka mainkan dan dengan siapa mereka bermain. Dengan bermain, anak bisa berimajinasi serta  mendapatkan ide-ide baru yang dapat menambah pengetahuan mereka. Namun yang harus diperhatikan adalah permainan apa dan mainan apa yang cocok untuk mereka.

Merangsang Otak

Dalam memilih mainan, kita sebagai orangtua tidak harus membeli mainan “siap pakai’, atau mainan yang biasanya kita beli di toko-toko mainan. Tapi kita dapat membuatnya sendiri. Karena dalam proses pembuatannya, kita dapat mengajar anak sekaligus berkreasi sendiri. Dalam hal ini, anak diajak untuk berpikir dan otomatis kemampuan otaknya pun terasah. Pertama-tama, tanyakan dulu apa kesukaan dan hobi mereka, barulah kita bersama anak mendiskusikan apa yang akan mereka buat. Kalau anak hobi menyanyi, kita dapat membuatnya alat musik atau sound system dari barang-barang bekas yang ada dirumah kita. Seperti kaleng yang bisa dijadikan drum, atau botol plastik yang bisa kita baut menjadi mic-nya. Walaupun tidak mengeluarkan bunyi-bunyian yang merdu, tapi dengan mainan tersebut anak dapat berimajinasi tinggi.

Bersenang-senang  

Waktu libur adalah waktu yang cocok bagi ayah untuk menemani anak-anaknya membuat mainan. Disini kita dapat berkreasi membuat mainan apapun, karena intinya, anda dan anak dapat bersenang-senang. Untuk yang sederhana kita dapat membuat mainan origami (Seni melipat kertas). Kalau belum mengetahui origami, kita dapat melihatnya di internet atau membeli bukunya. Hal ini sangat menyenangkan karena selain mudah, anak dapat terasah keterampilannya. Selain itu warna-warna kertas yang menarik membuat anak menjadi senang dan penasaran. Kita dapat membuat origami burung, belalang, beruang, bunga, pesawat terbang, dan sebagainya. Selain origami, kita juga bisa membuat mainan dari bahan plastik bekas contohnya parasut mini yang dapat dibuat dari kantong plastik, mobil-mobilan yang terbuat dari botol minum plastik, dan dari kardus seperti rumah-rumahan boneka, jalanan untuk mobil-mobilan, serta kompor-komporan.

?Lebih Bergerak

Lupakan dulu sementara yang berbau gadget ataupun komputer, karena kita sekarang mau anak kita juga “bergerak”. Hal ini dilakukan karena anak sekarang rela berjam-jam untuk bermain gadget dan bermain game online. Dengan gadget anak malas untuk bergerak bahkan berinteraksi dengan dunia nyata. Kalau kita flashback jaman dulu, mungkin, kita mengenal beberapa permainan tradisional. Nah kita bisa mengajarkan dan bahkan mewariskan ini ke anak kita. Contohnya saja kita bermain lompat tali, yang alat permainannya kita buat dari karet gelang yang dirangkai menjadi tali, atau bermain pletokan (pistol-pistolan) yang dibuat dari bambu. Oke selamat mencoba ya! (DL)

foto: i.ytimg.com