Memelihara Hewan Banyak Manfaatnya Lho untuk Anak!

Baby & Kids - 11 Jan 2019

Tahukah Anda, hewan peliharaan ternyata memiliki manfaat untuk anak? Percaya atau tidak memiliki hewan peliharaan akan membantu perkembangan fisik, sosial, emosional dan kognitif anak.

Berikut  sejumlah manfaat hewan peliharaan untuk anak:

1. Mengajarkan tanggung jawab

Memiliki hewan peliharaan membantu mengajarkan tanggung jawab pada anak. Dengan terlibat langsung dalam mengurus peliharaannya, seperti memberi makan, melatih, mengajak bermain dan sebagainya, anak akan melihat bahwa memelihara hewan membutuhkan tanggung jawab besar dan bukan sesuatu yang bisa dianggap enteng. 

2. Mengurangi risiko alergi

Memiliki hewan peliharaan dapat  mengurangi risiko anak terkena alergi tertentu. Paparan hewan peliharaan sejak dini  juga  bermanfaat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak.  Sebuah studi tahun 2012 melaporkan bahwa anak-anak yang tinggal serumah dengan anjing piaraan umumnya tampil sehat selama tahun pertama hidup mereka, dengan frekuensi masalah pernapasan (misal, asma) dan infeksi telinga yang lebih sedikit daripada anak-anak yang tidak punya hewan peliharaan.

3. Mengajari tentang nilai

Saat berinteraksi dan merawat hewan piaraannya, anak belajar bagaimana menjadi manusia yang lebih baik. Anak menjadi lebih baik, lembut dan berempati. Hewan peliharaan juga mengajarkan cara mencintai tanpa syarat. Hal ini akan meningkatkan hubungan yang lebih baik dalam keluarga.

4. Pengasuh yang baik

Anak-anak bisa belajar tentang kebutuhan dasar mahluk hidup. Ia belajar bagaimana air, makanan dan kandang yang baik adalah hal yang penting untuk hewan peliharaannya.

4. Anak aktif

Kebanyakan ibu mengeluh bahwa anak-anak mereka kecanduan televisi dan telepon genggam. Jadi jika Anda ingin anak Anda bermain di luar, maka beri mereka hewan peliharaan. Bermain dengan hewan peliharaan memastikan anak tetap sehat dan aktif sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan obesitas.

5. Pelepas stress

Menghabiskan waktu dengan hewan peliharaan dapat menurunkan tingkat stress. Anak-anak memiliki masalah sendiri. Mungkin mereka tidak ingin memberi tahu Anda semuanya, dan mereka akan lari ke hewan peliharaan mereka. Hewan menawarkan kenyamanan dan persahabatan untuk anak-anak. Tidak peduli apa suasana hati mereka, anak-anak menemukan dukungan dan rasa aman dari hewan peliharaan  Anak-anak yang bersahabat dengan hewan peliharaan mempunyai tingkat stress lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak memiliki hewan peliharaan. (red)

Foto: blog.animal-medical-clinic.com