Mendorong Imajinasi Anak

Baby & Kids - 01 Nov 2018

Saat Si Kecil genap berusia 3 tahun, imajinasinya benar-benar meledak! Anda akan melihat dunia buah hati Anda dipenuhi fantasi dan hal-hal menyenangkan.

Permainan yang dimainkan Si Kecil bisa jadi terinspirasi oleh hal-hal yang ia lihat dalam keseharian. Antara usia 3 dan 4 tahun, imajinasinya dan sense of fun anak akan berkembang. Itu sebabnya ia menikmati sekali bermain pura-pura seperti memberi makan boneka kesayangannya atau berpura-pura memandikannya. 

Pada rentang usia ini, permainan pura-pura yang ia mainkan akan semakin kompleks dan ia akan mulai mengajak anak-anak yang lain ikut terlibat dalam permainan tersebut, termasuk menentukan peran pada setiap anak, menciptakan cerita (skenario) dan sebagainya. 

Ia juga akan mulai menggunakan benda-benda di sekitarnyadengan cara yang baru, misalnya mengubah atau menganggap kotak kardus menjadi mobil, perahu atau rumah. Permainan imajinatif ini menunjukkan bahwa buah hati Anda sekarang mengerti bahwa ia dan teman-temannya bisa menciptakan skenario sesuai yang mereka inginkan. 


Manfaat permainan pura-pura

Permainan pura-pura atau imajinasi tidak hanya menyenangkan, tapi juga mengembangkan keterampilan lainnya seperti bahasa, kemampuan sudut pandang, memahami pikiran dan perasaan anak-anak lainnya, meningkatkan daya ingat, meningkatkan kepercayaan diri, mendorong anak berpikir kreatif, bejalar bagaimana memecahkan masalah dan meningkatkan konsentrasi.


Imajinasi yang berlebihan

Selain hal positif,  ada juga kelemahan dari berimajinasi. Selama periode ini anak akan mungkin akan mulai mengalami mimpi buruk atau menjadi yakin bahwa ada raksasa di bawah kolong tempat tidur atau di dalam lemari. Ada begitu banyak gambar, pikiran dan fantasi dalam kepala anak Anda, dan ia merasa sulit mengendalikan itu semua. Sangat penting untuk membantunya memahami perbedaan antara yang nyata dan  berpura-pura, mana yang benar dan mana yang merupakan kebohongan sehingga anak dapat  mulai mengendalikan imajinasinya. 


Mendorong imajinasi

Berikut 5 tips mendorong imajinasi anak agar semakin berkembang dan positif: 

- Memberikan alat peraga untuk bermain pura-pura atau imajinasi, seperti selimut, kardus, baju yang sudah tak terpakai, dan sebagainya.

- Memberikan ruang bagi anak untuk menciptakan dunia imajinernya, seperti mengijinkannya membangun kastil atau benteng di dalam kamarnya.

- Jangan khawatir jika anak mengulangi permainan imajinasi yang sama. Hal ini membantu anak untuk merasa yakin dengan apa yang ia lakukan.

- Ingatlah bahwa bermain imajinatif termasuk diantaranya adalah menggambar, melukis dan membuat kreasi dari botol plastik bekas dan lain-lain.

- Ajak anak mengunjungi tempat-tempat baru untuk memicu imajinasinya. Berkunjung ke kebun binatang, atau jalan-jalan ke pantai akan menginspirasi skenario baru saat ia bermain pura-pura atau ketika ia mengerjakan karya seni. (red)

Foto: growingtreetoys.com