Mengajak Anak Ke Gym

Baby & Kids - 10 Apr 2018

Pola hidup sehat tidak hanya wajib dilakukan kalau kita sudah berumur. Justru hal ini harus diterapkan sejak dini. Mengajak anak ke gym atau sekedar berolahraga, salah satu kunci menuju hidup sehat. 

Mungkin kita kurang menyadari, kalau penyakit yang sedang trend jaman sekarang adalah obesitas alias kelebihan berat badan. Obesitas dapat terjadi akibat pola hidup yang kurang sehat dan ini dialami di negara-negara maju atau negara yang sedang berkembang, yang tingkat ekonomi dan kemampuan masyarakatnya mulai membaik. Hasil penelitian berikut ini bisa memberi kita alasan untuk mulai rajin berolahraga dan menjaga berat badan. Hasil penelitian di Columbia University Mailman School of Public Health menemukan bahwa orang yang meninggal dunia akibat obesitas ternyata tiga kali lebih banyak daripada yang diperkirakan sebelumnya."Obesitas ternyata memiliki konsekuensi kesehatan yang lebih parah daripada yang kami perkirakan,” ungkap ketua penelitian tersebut, Ryan Masters.

Cara Pandang Salah

Perlu diketahui obesitas tidak hanya menyerang orang yang sudah berumur, tetapi juga bisa menyerang anak-anak kita. Selain itu kurangnya pengetahuan orangtua atau pandangan yang mengatakan anak bertubuh gemuk atau gendut adalah anak yang sehat dan menggemaskan. Melihat hal ini orangtua harus mengetahui dan mencari solusi bagaimana cara pencegahannya. Masa anak-anak memang identik dengan bermain.  Dulu, permainan anak umumnya adalah permainan fisik yang mengharuskan anak berlari dan melompat. Tetapi di masa kini telah tergeser dengan hadirnya gadget , komputer, dan permainan elektronik lainnya yang cukup dilakukan hanya duduk di depannya tanpa harus menggerakan seluruh tubuh sama sekali.

Berlatih

Untuk mengatasi hal ini, salah satunya adalah dengan cara mengajak anak untuk berolahraga. Jika gym khusus biasanya untuk orang dewasa dan gunanya untuk menghilangkan lemak serta mengembalikan bentuk tubuh menjadi proporsional; maka kalau untuk anak, gym berfungsi untuk mengatur pola pertumbuhan mereka ke arah yang lebih sehat. Selain melatih perkembangan otot-otot mereka, gym juga bisa membuat gaya hidup mereka lebih aktif dengan kegiatan berolahraga. Bedanya kalau gym untuk anak-anak, tidak dianjurkan untuk mempergunakan alat-alat berat seperti barbel, angkat besi atau treadmill. Mereka hanya diperkenalkan senam, dance, yoga, martial art (seni bela diri) dan ballet, misalnya

Jaga Fisik

Agar kondisi fisik tetap terjaga, orangtua juga harus memperhatikan pola asupan gizi anak. Contohnya: jangan terlalu banyak menggoreng makanan, agar tidak terlalu banyak lemak yang dikonsumsi. Selanjutnya kita dapat menyiasatinya dengan mengukus, merebus atau memanggang makanan agar lebih sehat. Selain itu atur juga pola istirahat anak, jangan tidur terlalu malam karena asyik main gadget  atau menonton acara televisi kesukaannya. Bila pola hidup sehat ini diterapkan dengan baik, maka kita menyakini hal ini akan berjalan lancar. Selamat mencoba! (DL)

 foto: livestrong.com

.