Menjalin Ikatan dengan Bayi Baru Lahir

Baby & Kids - 05 Nov 2018

Otak bayi tumbuh dengan cepat. Anda bisa membantu perkembangan otaknya melalui bonding atau ikatan, seperti sering tersenyum, memeluk dan membuainya dengan kata-kata cinta. Ya, menjalin ikatan dengan Si Kecil bisa membantu perkembangan otaknya. 

Meski otak bayi yang baru lahir memiliki 100 juta sel, namun bagian otak yang bertanggung awab untuk berpikir, mengingat dan gerakan belum sepenuhnya terbentuk (berkembang). Contohnya, bayi baru lahir belum dapat menggerakkan anggota tubuhnya agar merasa lebih nyaman. Ia juga belum yakin apakah ia dalam kondisi lapar, lelah atau tidak nyaman. Yang dibutuhkan bayi Anda adalah:

- rutinitas yang teratur

- lingkungan yang nyaman dan menenangkan

- suara yang lembut dan penuh kasih

- sentuhan kasih sayang.


Santapan Emosional

Cinta benar-benar membuat bayi tumbuh secara fisik. Penyebabnya, otak memproduksi bahan kimia yang membuat sel-sel otak terhubung bersama dan berkembang. Dengan kata lain Anda bisa membuat sel-sel otak bayi terhubung dengan:


> Mesra secara fisik

Misalnya menyentuh, memeluk dan menggoyang-goyangkan, berbicara, tersenyum dan menyanyi. Bayi merasa aman dan nyaman saat mereka dipeluk. Mereka dapat mengenali aroma tubuh ayah, ibu atau orang di dekatnya.

Bayi sangat menyukai kontak kulit ke kulit serta belaian lembut. Kontak kulit ke kulit yang merupakan bagian rutinitas bayi (seperti dimandikan, disusui dan digantikan popok) tidak hanya menyenangkan bayi yang baru lahir. Hal itu juga membuat mereka merasa aman. 


> Merespon saat ia menangis

Terkadang bayi menangis karena  sesuatu membuatnya tidak nyaman, misalnya popoknya basah, lapar atau cahaya lampu yang terlalu terang. Saat Anda merespon tangisannya dengan memenuhi kebutuhannya, bayi akan merasa nyaman dan aman. Dengan merespon tangisan bayi, Anda mengajarkan padanya bahwa Anda orang yang bisa dipercaya dan diandalkan.


> Membuat bayi merasa aman

Anda bisa membuat bayi merasa aman dan nyaman dengan memeluknya. Membedong bayi baru lahir juga akan membuat ia merasa hangat layaknya berada di dalam rahim ibu. Ini semua akan membantu Si Kecil tetap tenang saat mereka mulai rewel atau hendak tidur. 


Stimulasi mental (Asah)

Dunia bayi yang baru lahir lebih kepada melihat, mendengar dan merasa, ketimbang berpikir. Karenanya, berikan ia pengalaman sensorik untuk mata, telinga dan kulitnya yang pada akhirnya akan membuat otak bayi bekerja dan berkembang. Hal ini juga akan membantu bagian otak yang bertanggung jawab untuk memori, pikiran dan bahasa untuk terhubung dan berkembang. 


Berikut sejumlah hal yang bisa dilakukan untuk memberikan stimulasi mental pada Si Kecil:

- Bicara pada anak sesering mungkin dengan nada yang lembut dan meyakinkan. Ini akan membantu bayi mengenali suara Anda dan mengajari bayi dasar-dasar bahasa. 

- Menceritakan dongeng atau menyanyikan lagu untuknya.Efeknya sama seperti Anda mengajaknya bicara. Bayi di usia ini sangat tertarik pada nada dan irama. Mereka juga bisa menikmati suara musik yang menenangkan.

- Saat Anda bicara dan menyanyi, tatap mata bayi Anda dan buatlah ekspresi wajah. Ini akan membantunya belajar hubungan antara kata-kata dan perasaan. 

- Sering-seringlah menyentuh dan memeluk bayi Anda. Ini akan membuatnya merasa aman dan nyaman. Sentuhan memicu otak bayi untuk memproduksi zat kimia yang membuat bayi Anda merasa nyaman. (red)

Foto: parenting.com