Merawat Hewan Peliharaan Bila Memiliki Bayi

Baby & Kids - 15 May 2018

Bagi para pecinta hewan, hadirnya hewan peliharaan tentunya akan membawa kebahagian tersendiri dalam keluarga. Apalagi memelihara hewan disebutkan bisa meningkatkan kecerdasan emosi anak.

Kehadiran hewan peliharaan merupakan cara lain untuk meningkatkan kecerdasaan anak baik secara emosi maupun mental anak. Penelitian membuktikan bahwa keluarga yang memiliki hewan peliharaan di rumah, akan memiliki anak yang lebih cerdas dibanding keluarga yang tak memiliki hewan peliharaan. Selain itu hewan peliharaan mengajarkan anak-anak untuk bertanggung jawab dan memiliki rasa kasih sayang terhadap lingkungan sekitarnya.

Berhati-hati

Sebelum memelihara hewan peliharaan, ada baiknya putuskan dulu apa yang akan dipelihara. Apalagi jika dalam keluarga kita ada bayi. Karena bisa jadi hewan peliharaan bukannya membawa manfaat, malah akan membahayakan Si Kecil. Pada usia bayi, umumnya mereka belum memiliki kemampuan untuk memegang dan cenderung takut pada hewan peliharaan. Jadi bila kita memiliki hewan peliharaan saat anak masih kecil, harus hati-hati jangan sampai anak kita justru dilukai oleh hewan peliharaan. Contohnya saja kucing, yang kemungkin akan mencakar si bayi.

Menjaga Kebersihan

Tidak semua hewan aman dipelihara, apalagi beberapa jenis hewan buas dan liar yang justru membahayakan. Hewan yang belum jinak dan hewan yang beresiko menularkan penyakit juga tidak aman. Bila ingin memelihara anjing, kucing, dan kera, sebaiknya disuntik rabies dulu. Jangan lupa ada hewan yang membawa parasit taxoplasma (kista parasit) yang dapat menyerang anak perempuan dan wanita pra nikah seperti kucing. Kista parasit ini tersebar di mana-mana sekitar rumah, termasuk di kotoran kucing dan wadah makanannya. Tentunya hal ini berbahaya bagi bayi yang sedang dalam tahapan merangkak. Sedangkan jika memelihara hamster, marmut, tupai dan sejenisnya, beresiko membawa bibit penyakit leptospirosis yang juga sama dibawa oleh tikus. Oleh sebab itu, bila ingin memelihara hewan-hewan tersebut, rajin-rajinlah membersihkan kandang dan merawat kebersihan tubuhnya.

Fasilitas Lengkap

Pada dasarnya, memiliki hewan peliharaan di rumah bisa mendatangkan efek psikologis positif dan keuntungan bagi keluarga. Namun jika memiliki hewan peliharaan, otomatis kita sebagai pemilik harus bertanggung-jawab merawat dan menjaga kesehatannya. Selain itu memiliki hewan peliharaan bukan sekedar memiliki, namun juga harus menyediakan fasilitas yang lengkap seperti tempat (kandang), biaya makanan, minuman dan kesehatan si hewan. Yang perlu diperhatikan lagi, jika memiliki hewan peliharaan, janganlah perhatian kita hanya tertuju pada hewan tersebut dan cenderung “lebih menyayangi” hewan peliharaan, dibanding keluarga sendiri. (DL)

 foto: momjunction.com