Perawatan Rambut Si Kecil

Baby & Kids - 05 Feb 2019

Rambut sehat dan indah bukan hanya milik orang dewasa saja. Tapi sejak bayi pun, kebersihan, kesuburan dan kesehatan rambut Si Kecil sudah harus diperhatikan.

Setiap orangtua pasti menginginkan anaknya memiliki rambut yang lebat dan sehat. Karena dengan rambut yang lebat, anak akan terlihat sehat dan enak dipandang. Namun kenyataannya, tak semua bayi yang baru dilahirkan memiliki rambut yang lebat. Melihat ini, banyak orangtua yang khawatir dan berusaha mencari solusi untuk menebalkannya. Padahal faktanya, rambut bayi adalah rambut velus (rambut yang akan habis di usia 1-3 bulan). Artinya, walaupun rambut bayi tidak digunduli sekalipun, rambut bawaan lahir tersebut tetap akan digantikan dengan rambut baru. Hal menarik lainnya, rambut bayi bisa saja tumbuh lebat, walaupun tidak digunduli sejak lahir. Atau ada juga yang memang memiliki rambut tipis yang disebabkan karena faktor genetik atau pengaruh gizi.

Kesehatan Kulit Kepala
Mengunduli kepala bayi akan membuat rambutnya tumbuh sehat dan terutama baik untuk kesehatan kulit kepala. Pada awal kelahiran, biasanya terdapat banyak kerak yang menempel dan menutupi pori-pori kulit kepala. Dengan mengunduli, berarti kulit kepala bayi menjadi bersih dari bekas cairan ketuban, lemak atau bahkan sisa hormon saat ibu masih hamil. Jika kerak ini tidak dibersihkan, maka akan ada gangguan jangka panjang  pada kulit kepala, iritasi atau bahkan infeksi yang mengganggu kesuburan rambut anak di masa mendatang.

Faktor Gizi
Faktor gizi juga ternyata sangat berpengaruh pada kesehatan rambut anak. Ada baiknya Si Kecil menerima asupan protein dari telur, ikan, daging, susu dan kacang-kacangan. Selain protein, anak juga harus mengonsumsi asam lemak Omega 3 yang terdapat pada ikan salmon, kedelai, kacang kenari dan kembang kol. Selanjutnya zat besi yang terdapat pada bayam, kacang merah, tomat dan kentang juga sangat baik. Untuk vitamin, anak-anak bisa mengonsumsi buah-buahan dan sayuran yang mengandung vitamin A, B dan C. Jika anak Anda masih bayi dan masih menerima ASI, maka ibunya yang harus mengonsumsi makanan dengan nilai gizi di atas.

Menjaga Kebersihan
Faktor lain yang harus diperhatikan, tentunya adalah kebersihan rambut Si Kecil. Gunakan shampo khusus bayi atau anak, dan jangan sekali-sekali menggunakan shampo dewasa. Shampo bayi umumnya tidak menggunakan bahan kimia dan baik untuk kulit kepala mereka, karena tidak membuat iritasi. Bila ingin melebatkannya, boleh saja menggunakan ramuan tradisional seperti urang-aring, lidah buaya, kemiri dan seledri. Namun tetap harus diperhatikan kebersihan dan kenyamanan bayi juga. Perlu diingat bahwa kulit kepala bayi sangat sensitif dan belum tentu bisa menerima ramuan penyubur rambut tadi dengan rasa nyaman. (DL)