Pertimbangkan Hal Ini Sebelum Memberi Bayi Anda Es Krim

Baby & Kids - 17 Jul 2017

Saat Si Kecil sudah mulai diperkenalkan pada makanan padat, Anda mungkin tergoda untuk mengenalkannya pada berbagai macam rasa. Tak terkecuali pada makanan kesukaan Anda, es krim misalnya. Nah, mungkin Anda bertanya-tanya kapan  ya es krim bisa diberikan pada Si Kecil? Sebelum memperkenalkan anak pada makanan popular tersebut, ada beberapa hal penting yang harus Anda ketahui. Apakah saja itu?

Bayi boleh mengonsumsi es krim setelah usianya satu tahun, karena es krim termasuk produk susu. Meski terbuat dari susu dan krim utuh, dan mengalami proses pasteurisasi untuk menghilangkan bakteri, namun bayi masih peka terhadap protein susu dan bahan lainnya yang terkandung di dalam es krim.

Usia satu tahun biasanya bayi mulai diperkenalkan pada produk susu seperti keju, susu, butter dan termasuk es krim. Menurut Australian Guide to Healthy Eating es krim harus dihindari untuk bayi karena merupakan sumber nutrisi yang buruk. 

Ada banyak alasan mengapa Anda harus menghindari memberi es krim pada Si Kecil yang usianya masih dibawah 1 tahun:

1. Hampir semua produk es krim  di pasaran mengandung pengawet, lemak, gula, pewarna makanan dan bahan buatan. 

2. Es krim dibuat dengan menggunakan susu utuh, dan bayi sebaiknya tidak diberikan susu utuh sampai ia berumur satu tahun. Bayi Anda bisa memiliki masalah sensitivitas karena susu dan krim utuh.

3. Ada kemungkinan es krim mengandung bakteri. Paparan bakteri bisa menyebabkan infeksi karena sistem kekebalan tubuh bayi Anda masih lemah. Infeksi yang parah mungkin membutuhkan pertolongan medis segera.

4. Susu utuh dan bahan lain yang terkandung dalam es krim sulit dicerna bayi. Es krim dapat menyebabkan penumpukan gas dan menyebabkan rasa sakit pada perut atau kolik.

Saat Anda ingin mengenalkan es krim pada Si Kecil untuk pertama kalinya, sebaiknya konsultasikan dulu pada dokter anak.  Ada beberapa hal juga yang harus diperhatikan ketika Anda memberi es krim, seperti tidak membeli es krim pada pedagang kaki lima karena Anda tidak pernah bisa memastikan kondisi sanitasi dan penyimpanan di tempat seperti itu. 

Jangan lupa untuk memastikan bahan yang terkandung dalam es krim, karena ada bahan tertentu yang dapat menyebabkan reaksi alergi seperti kacang tanah, stroberi dan pewarna. 

Nah, setelah mengenalkan es krim pada Si Kecil, jangan terlalu banyak dan sering memberinya es krim, ya. Kandungan gula dapat menyebabkan kerusakan gigi serta menyebabkan obesitas pada anak. (YU)

Foto: dinofa.com