Stimulasi Bicara Untuk Si Kecil

Baby & Kids - 28 Jan 2019

Orangtua dan lingkungan terdekat berperan sangat penting dalam membentuk kelancaran berinteraksi dan berbicara Si Kecil. Untuk mengoptimalkan perkembangan bicara dan bahasa anak, lakukan hal ini:


1. Rajin berbicara dan berkomunikasi dengan anak sejak dini, dimulai saat bayi. Saat sedang bersama Si Kecil, katakan apa yang sedang terjadi, apa yang Anda lakukan, dan sebutkan nama benda-benda yang ditemui. Walau ia belum bisa menjawab, sel-sel syaraf otaknya telah menangkap sinyal tersebut dengan baik dan menyimpannya dalam memori. Semakin sering diajak berbicara, semakin banyak kosakata yang diingatnya, ini akan menjadi bekal dalam perkembangan bicara dan bahasanya.


2. Membacakan cerita atau dongeng. Metode ini terbilang cukup efektif untuk meningkatkan kemampuan bayi berbicara, bila dilakukan secara rutin. Bacakan cerita dengan perlahan, disertai ekspresi untuk menarik perhatiannya. Sambil membaca, ajak Si Kecil menunjuk gambar dan menyebut nama benda yang ditunjuk. 


3. Menyanyikan lagu. Bayi memiliki kepekaan bawaan untuk alunan musik. Ia sudah mengenal melodi-melodi yang diperdengarkan padanya ketika masih dalam rahim ibunya. Kebiasaan mendengarkan musik menjadi alat bantu baginya untuk mempelajari bahasa. Ajak Si Kecil bernyanyi sambil bertepuk tangan atau menari untuk membuatnya terhibur. Usahakan mendengarkan lagu-lagu yang liriknya mudah didengar, dan mengandung unsur edukasi.  – red

 

BERAPA KATA YANG SEHARUSNYA DIPAHAMI SI KECIL?


-  Usia 12 bulan: 50 kata

-  Usia 15 bulan: 120 kata 

-  Usia 16 bulan: 170 kata 

-  Usia 18 bulan: 200 kata


foto: jonestherapyservices.com