Yuk, Ciptakan Anak Cerdas Sejak Dini

Baby & Kids - 04 Feb 2019

Ibu mana yang tidak ingin memiliki anak yang cerdas? Tentu menjadi kebanggaan tersendiri saat buah hati kita tumbuh menjadi anak cerdas. Berikut ini adalah hal yang bisa membuat anak menjadi lebih cerdas sejak bayi. 

1. Bicara Sesering Mungkin
Sering-seringlah mengajak bayi Anda bicara.  Dr.Jean Ashton –pengajar dan pemerhati pendidikan anak usia dini dari Universitas Sydey, Asutralia, mengatakan,  mengajak bayi bicara bukan hanya terbatas pada memuji, mengeluarkan kata-kata lucu atau memanggil-manggil namanya. “Ajak bayi Anda bicara dan belajar juga  menjadi pendengar yang baik untuknya. Bayi mungkin belum bisa menjawab dengan kata-kata, namun mereka pandai merespon melalui ekspresinya. Respon inilah yang perlu diperhatikan dan dihargai sebagai bentuk awal bayi belajar berkomunikasi dengan lingkungannya.” Anda pun bisa mengajak bayi berbicara cerdas dengan memanggil namanya, menanyakan sesuatu, menjelaskan hal sesuai logika serta menggunakan kalimat lengkap.

2. Ikut bermain
Keterlibatan ibu saat anak bermain dapat mengajarkan cara bermain yang tepat. Kegiatan ini juga akan membantu mempercepat proses belajar anak, mengembangkan potensi sosialnya, mengenali kemampuan atau bakat, minat, hingga kebutuhan emosionalnya, demikian menurut Dr.Jean Ashton

3. Mendongeng atau Membacakan Cerita
Menurut Dr.Rosmarie Truglio, seorang ahli pendidikan, membaca bisa menumbuhkan kecintaan anak pada buku, meningkatkan kemampuan kosakata serta membantu mengembangkan keterampilan berbahasa. Pilih buku-buku sederhana dengan gambar dan warna yang menarik agar anak dapat turut melihat dan memainkannya. Jadi bu,  tidak ada kata terlalu dini untuk ibu mulai membacakan atau mendongeng untuk anak.

4. Mari Bernyanyi!
Pilih lagu yang memiliki syair berima, memiliki nada-nada atau bunyi-bunyi unik serta membuat Anda bergerak. Meletus balon hijau, door! Mudah, bukan? “Ini cara yang sangat menyenangkan untuk mengajak anak bealajar beragam bunyi dan menambah perbendaharaan kata. Anak juga akan terdorong untuk ikut bergerak dan bergembira.

5. Asupan Nutrisi
Gizi yang baik sejak dini akan membantu anak tumbuh menjadi anak yang cerdas. Sejak bayi hingga berusia lima tahun, anak sangat membutuhkan banyak protein, karbohidrat, dan lemak untuk membantunya tumbuh kembangnya dengan baik. Pertumbuhan yang baik pada anak inilah yang akan membentuk anak menjadi cerdas dan sehat. (red)