Program Kehidupan Berkelanjutan

Citybuzz - 05 Jun 2018

Sejak tahun 2000 Unilever sudah mempunyai program yang sekaligus menegaskan komitmen perusahaan untuk bisnis yang berkelanjutan. Komitmen Unilever diwujudkan dalam tiga program yaitu kesehatan, lingkungan dan peningkatan kesejahteraan.

Hal ini sejalan dengan strategi besar Unilever yang di namakan Unilever Sustainable Living Plan (USLP).General Manager Unilever Indonesia Foundation, Sinta Kaniawati mengatakan, sepanjang tahun 2017, Unilever menjangkau 90 juta orang lewat program kesehatan dan kebersihan. 

Sekitar 2,2 juta murid diajarkan untuk menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat lewat sekolah sehat. Untuk diketahui program ini juga menjangkau kurang lebih 250 ribu orang melalui program pemeriksaan dan perawatan gigi dan mulut gratis, dan 150 ribu ibu lewat program ibu dan balita. Program Unilever lainnya adalah lingkungan. Program ini sangat erat kaitannya dengan pengurangan efek gas rumah kaca. 

Pabrik Unilever mengurangi 32,27% intensitas gas rumah kaca, juga 32,28% intensitas pemakaian air. Perusahaan juga 100% tidak membuang limbah ke tempat pembuangan akhir. Unilever juga berusaha mengatasi masalah sampah plastik dengan meluncurkan teknologi daur ulang sampah dari Jerman. Kemudian dalam program peningkatan kesejahteraan, pasokan kedelai hitam lokal dari petani juga sudah bersertifikasi Unilever Sustainable Agriculture Code. Jadi intinya 100% kedelai hitam dari lokal. 

Sustainable Living Plan memberikan pedoman detail tentang bagaimana Unilever akan meraih tujuan. Program ini mencakup semua aspek bisnis, masing-masing brand dan kategori, serta setiap negara tempat Unilever bekerja. Program ini berupaya menciptakan perubahan di seluruh rantai nilai, mulai dari operasi, hingga pengadaan dan cara konsumen menggunakan produk-produk Uniliver. Program ini dirancang untuk mendorong pertumbuhan yang menguntungkan dan menggiatkan inovasi dengan cara yang tepat agar semua pemangku kepentingan bisa merasakan manfaatnya. (red)