Perkaya Kosa Kata Anak dengan Buku Cerita

Family - 05 Feb 2018

Saat anak mulai tertarik membaca buku, dukung ketertarikan dan rasa ingin tahunya tersebut dengan memilih buku bacaan yang tepat untuk usianya. Berikut daftar elemen penting yang harus ada di dalam buku anak-anak:

1. Menarik perhatian

Buku untuk anak harus mampu menangkap imajinasi pembacanya. Hal tersebut bisa tercermin lewat alur cerita, ilustrasi dan presentasi cerita secara keseluruhan. Buku anak-anak yang menarik hati  biasanya didasarkan pada topik atau tema yang menarik hati anak-anak. Contohnya, anak-anak menyukai cerita tentang hewan yang memiliki karakter seperti manusia. Hewan-hewan tersebut makan, minum dan melakukan aktivitas seperti manusia pada umumnya. 

2. Memiliki  gambar ilustrasi yang bagus

Ilustrasi yang berkualitas sangat penting untuk anak-anak. Ilustrasi membuat cerita menjadi hidup dan tidak membosankan, memudahkan anak-anak membayangkan cerita yang sedang terjadi dan membantu anak berimajinasi.  Ilustrasi bisa menjadi cara yang bagus untuk memperkenalkan bentuk seni kepad buah hati Anda. Ilustrasi memungkinkan Anda untuk membahas elemen visual yang berbeda seperti warna, bentuk dan tekstur. Ini adalah cara yang bagus untuk mengembangkan kesadaran estetika anak Anda.

3. Mudah dipahami

Pilih buku bacaan dengan struktur kalimat yang pendek dan singkat sehingga lebih mudah untuk diingat oleh anak. Buku yang baik juga memperkenalkan kata-kata baru yang mudah dipahami anak-anak, sehingga bisa memperluas kosa katanya.

4. Materi buku

Saat memilih buku bacaan untuk anak, tentukan apakah materi yang terkandung dari buku tersebut sesuai untuk usia atau tingkat kematangan anak. Apakah  anak Anda siap belajar tentang konsep-konsep seperti matematika, keuangan,  atau seksualitas.

5. Mendidik

Isi dari buku anak  haruslah mendidik. Artinya, kisah atau cerita yang ditulis mengandung pelajaran-pelajaran akhlak dan sarat dengan nilai-nilai kemanusiaan yang luhur. (YU)

Foto: zerotothree.org