Pilihan Berkarir di Rumah untuk Single Mom

Family - 07 Mar 2018

Menjadi ibu tunggal memang tak mudah. Selain harus siap menjalankan peran sebagai ibu, juga sebagai pencari nafkah tunggal bagi anak-anaknya. Lantas, jenis pekerjaan apa saja yang bisa dilakukan di rumah? 

Tuntutan untuk menghidupi sekaligus mengasuh anak membuat ibu tunggal harus bijak mencari nafkah. Seorang ibu tunggal harus pintar membagi waktu dan prioritas agar bisa tetap produktif secara keuangan sekaligus dekat dengan anak-anaknya. 

Berkarir atau bekerja di rumah merupakan pilihan yang cukup rasional bagi para ibu tunggal. Berikut, jenis pekerjaan yang bisa dilakukan para ibu tunggal tanpa harus menghabiskan banyak waktu di luar rumah dan tetap dekat dengan anak-anak. 

1. Penulis dan Blogger

Jika Anda suka menulis, menjadi penulis lepas untuk berbagai konten baik di media cetak maupun online bisa menjadi pilihan. Konten seperti konten web, artikel majalah, konten promosi dan sebagainya sangat diminati saat ini. Pekerjaan ini berbasis waktu. Jadi Anda harus mengirimkan tulisan pada klien dalam jangka waktu tertentu. Dan dengan berkembang pesatnya dunia digital media, jaringan internet, dunia gadget, media sosial, Anda juga bisa menjadi seorang blogger. Blogger adalah orang yang menulis artikel, sekaligus memuat photo di dalam blog pribadinya miliknya yang bisa disebarluarkan melalui jaringan internet, media sosial dan sebagainya. Dari blog, Anda bisa mendapatkan penghasilan yang cukup besar. Diana Rikasari adalah contoh blogger wanita Indonesia yang terkenal. Lewat situs https://dianarikasari.blogspot.com/, Diana menulis konten fashion.

2. Konsultan

Jika memiliki banyak pengalaman, Anda bisa berkarir sebagai konsultan. Tugas utama seorang konsultan adalah memberi pelayanan kepada klien untuk memecahkan masalah, kebutuhan dan tantangan yang sedang dihadapi klien. Konsultan juga melakukan pengumpulan data, menganalisisnya dan kemudian memberikan saran, opini dan rekomendasi kepada klien. Anda bisa menjadi konsultan keuangan, karir, pernikahan dan lain sebagainya sesuai dengan latar pendidikan Anda dan pengalaman yang Anda miliki. Sebagai seorang konsultan, yang Anda butuhkan adalah kepercayaan diri yang tinggi, mental baja serta telinga untuk mendengarkan keluhan klien anda.

3. Reseller 

Jika piawai menawarkan barang, Anda bisa menghasilkan uang dengan menjadi reseller baik offline maupun online. Reseller merupakan individu atau perusahaan yang membeli produk dari pabrik/manufaktur untuk dijual kembali ke konsumen. Untuk menjadi reseller, Anda bisa mencarinya di toko online yang menyediakan layanan tersebut, misalnya bandros.co.id  ini yang fokus menjual produk ke reseller.

4. Marketing Properti

Menjadi tenaga penjual properti bisa menjadi pilihan bagi single mom. Modal utamanya adalah keinginan yang kuat, pantang menyerah dan bekerja keras. Anda bisa mengiklankan produk yang Anda tawarkan lewat media sosial. Waktu kerja fleksibel dan penghasilannya cukup tinggi.

5. Membuka Usaha Berbasis Hobi

Banyak jenis usaha yang bisa Anda lakukan di rumah. Manfaatkan hobi atau keahlian Anda. Misalnya jika gemar memasak, Anda bisa membuka usaha katering. Atau jika pintar merias wajah dan rambut, Anda bisa memulai membuka salon kecantikan di rumah. Kerajianan tangan juga sangat diminati banyak orang. Bila termasuk orang yang hobi dan kreatif dalam membuat produk dekoratif, Anda bisa menjadikan hobi tersebut sebagai mata pencaharian. (YU)

Foto: supportpay.com