Siapa yang bisa tahan dengan kehidupan jalanan (terutama Jakarta dan kota-kota besar lainnya) seperti sekarang ini? Macet berjam-jam membuat jalanan layaknya ‘neraka’. Jarak dekat yang biasanya hanya ditempuh dalam waktu 30 menit berubah menjadi satu jam. Apalagi bila harus menempuh jarak yang benar-benar jauh. Tak heran bila ungkapan ‘tua di jalan’ benar-benar terjadi.

Sedihnya, hal ini membuat kita kesulitan untuk melakukan beberapa hal yang mendesak. Misalnya saat harus mencari kado ulang tahun teman, pasangan atau anak. Ingin pergi, tapi malas terjebak kemacetan atau pekerjaan masih banyak dan sulit ditinggalkan. Tenang, kan ada toko online atau online shop yang semakin marak belakangan ini. Serunya, ada banyak sekali produk yang ditawarkan. Mulai dari  makanan, pakaian, elektronik hingga furniturebisa dibeli di situs-situs toko online ataupun akun jejaring sosial. Nah, agar tidak merasa dirugikan kita tentu perlu menjadi konsumen yang cerdas. Berikut beberapa tips untuk Anda yang hobi berbelanja online.

1. Pastikan Membeli dari Situs Terpercaya

Saat ini ada begitu banyak situs jual-beli, mulai dari website, Facebook, Instagram, Twitter atau bahkan komunitas-komunitas online. Sebelum membeli, pastikan kalau situs-situs tersebut aman dan terpercaya. Bagaimana caranya? Pastikan jika situs jual-beli tersebut dilengkapi alamat dan nomor kontak yang bisa dihubungi. Selain itu, situs yang aman mempunyai SSL (Secure Sockter Layer). Situs yang memiliki SSL biasa diawali dengan ‘https://’. Jika kita mengaksesnya, akan ada simbol gembok di ujung status bar. Jadi kalau Anda membuka situs belanja online yang tidak bertanda gembok, jangan pernah membeli apapun dari situs tersebut. 

2. Perhatikan Testimoni

Website atau akun jejaring sosial milik toko online biasanya memberikan tempat bagi para customer-nya untuk memberikan testimoni tentang pengalaman mereka selama berbelanja. Anda bisa menilai apakah toko online tersebut terpercaya atau tidak berdasarkan testimoni yang ada.   

3. Pilih yang Satu Kota 

Aspek proximity atau kedekatan bisa menjadi salah satu keuntungan tersendiri. Selain barang akan lebih cepat sampai, domisili toko online yang dekat dengan kediaman Anda juga memudahkan untuk memastikan toko online atau pemiliknya benar di alamat yang tercantum. Selain itu, jika ada kesalahan atau ketidakpuasan setelah barang diterima, Anda akan lebih mudah mengajukan keluhan dan mencari pihak yang bertanggungjawab. Satu hal lagi, biasanya ongkos kirim menjadi lebih murah. 

4. Gunakan Sistem Pembayaran COD

COD atau Cash On Delivery adalah istilah online shopping, di mana sistem pembayaran dilakukan bersamaan dengan sampainya barang ke tangan pembeli. Biasanya pembeli diminta untuk bertemu di sebuah tempat atau bertemu langsung dengan si penjual. Keuntungan dari sistem pembayaran ini adalah, Anda bisa memeriksa barang yang dipesan terlebih dahulu. Sesuai tidak dengan keterangan yang tertera di website. Jika tidak sesuai, Anda bisa langsung mengembalikan atau bernegosiasi untuk menukar barang.

5. Jangan Memaksakan Diri

Ada beberapa barang yang sebaiknya tidak dibeli secara online, jika tidak ingin kecewa. Barang-barang tersebut antara lain: baju, celana, alat make-up, sandal dan sepatu misalnya. Jika memang ingin membelinya secara online, pastikan bahwa barang-barang tersebut harus benar-benar sesuai (baik ukuran dan ketepatan warna) dengan yang Anda inginkan. Jangan sampai salah beli dan kecewa saat barang sampai di tangan Anda. 

CLAIM PENIPUAN 

Penyelesaian secara musyawarah adalah jalan terbaik, tapi jika tetap tidak ada itikad baik dari penjual, Anda bisa menempuh jalur hukum. Berikut adalah tahap pelaporan ke kantor polisi:

1. Print out bukti-bukti (seperti: bukti transaksi, percakapan, no kontak (telepon/HP), alamat, link/website tersangka penipu, form order, link dan berita bahwa penjual tersebut adalah penipu). Tanpa data/bukti transfer/bukti pembayaran, maka laporan Anda tidak akan ditindaklanjuti!

2. Buat laporan ke kantor polisi di bagian SPK (sentral pelayanan kepolisian) bisa polsek/kantor polisi terdekat untuk mendapatkan surat keterangan. (red)