3 Aktivitas Fisik Bantu Tingkatkan Kecerdasan Anak

Health - 04 Dec 2018

Berbagai penelitian telah menunjukkan hubungan positif antara aktivitas fisik dengan kecerdasan anak. Bahkan American Heart Association menyarankan agar anak-anak berusia dua tahun atau lebih sebaiknya setiap hari melakukan setidaknya 60 menit aktivitas fisik dengan intensitas sedang. Aktivitas tersebut boleh juga dilakukan dalam dua kali periode 30 menit atau empat kali periode 15 menit dalam sehari. Bentuk kegiatan bisa bervariasi, disesuaikan dengan perkembangan fisik dan emosional menurut usia anak. Tiga kegiatan fisik yang menyenangkan berikut ini, boleh Anda coba lakukan dengan Si Kecil.

1. Menari Diiringi Musik

Putar musik dan menarilah bersama Si Kecil. Sebuah penelitian yang dilakukan Boston University School of Medicine menunjukkan gerakan fisik yang teratur seperti menari mampu meningkatkan hormon oksitosin, yang membantu meningkatkan memori pada otak. 

2. Olahraga Ringan 

Daniel T. Wilingham, psikolog dari University of Virginia, menemukan bahwa anak yang secara teratur berolahraga ringan memiliki kemampuan untuk memecahkan masalah dan meningkatkan fokus pada sesuatu. Hal ini berhubungan dengan kemampuan mereka menerima hal-hal baru saat mereka bersekolah. Oahraga ringan seperti berlari pagi atau bersepeda bisa dijadikan pilihan.  

3. Berenang

Hampir semua anak senang bermain air. Penelitian yang dilakukan University of Griffith, Queensland, Australia, menunjukkan anak yang belajar berenang pada usia dini cenderung memiliki skor IQ lebih tinggi. - (red)

foto: huffingtonpost.com