Bahaya Anak Sering Mendengkur

Health - 21 Nov 2018

Apakah Si Kecil mendengkur saat tidur? Bila ya, Anda patut waspada. Tidur mendengkur pada anak mempengaruhi performa akademisnya.

Barbara Galland dari University of Otago, New Zealand, mengatakan bahwa orangtua harus waspada efek potensial dari gangguan pernapasan ketika tidur. Galland menganalisa data dari 16 studi di 12 negara pada 550 anak. Data tersebut menunjukkan gangguan napas ketika tidur seperti mendengkur dan apnea (berhenti napas sesaat ketika tidur) memiliki pengaruh pada performa akademis.

Ini karena anak yang kualitas tidurnya buruk cenderung lebih sulit konsentrasi pada pelajaran sekolah. Rata-rata anak yang punya gangguan mendengkur atau apnea lebih rendah 12% nilai pelajarannya dibanding anak yang tak memiliki gangguan tidur.

Ada beberapa hal yang bisa memicu gangguan napas saat tidur seperti: amandel, bentuk rahang dan gigi yang tak bagus, serta obesitas. Untuk mengatasinya, Galland menyarankan untuk membuang amandel yang bermasalah serta merapikan kembali susunan rahang dan gigi. (red)