Cara Cermat Gunakan Anti Biotik

Health - 04 Oct 2017

Antibiotik bukanlah obat penyembuh segala penyakit. Terlalu sering meminumnya justru membuat bakteri kebal terhadap antibiotik. Antibiotik digunakan hanya untuk menyembuhkan penyakit yang disebabkan oleh bakteri, bukan virus. Berikut adalah penyakit yang umum diderita anak dan tak memerlukan antibiotik untuk pengobatannya.

Pilek, umumnya disebabkan infeksi virus, sehingga bisa sembuh tanpa obat, atau tergantung kekebalan tubuh anak. Berikan makanan yang lengkap dengan gizi seimbang, dan minta agar anak banyak istirahat.

Demam adalah respon tubuh untuk melawan infeksinya. Bantu anak mengatasi demam dengan memberi cairan lebih sering dari biasanya, agar anak tidak dehidrasi. Kapan harus ke dokter? Bila demam tanpa batuk pilek sudah berlangsung lebih dari 72 jam (3 hari), kejang, sesak napas, kesadaran menurun, atau dehidrasi berat.

Batuk. Kita sering beranggapan bahwa batuk adalah, sehingga memerlukan obat untuk meredakannya. Padahal, batuk adalah refleks tubuh untuk menjaga agar saluran napas tetap bersih dari dahak, debu, dan mengusir benda asing (makanan/minuman) saat tersedak. Kebanyakan batuk pada bayi dan anak disebabkan infeksi virus di saluran napas yang akan sembuh sendiri. Batuk berkepanjangan tanpa demam dan anaknya baik-baik saja, umumnya karena alergi. Jaga asupan cairan dan hindarkan anak dari zat-zat pemicu batuk, seperti asap rokok.

Radang tenggorokan. Pada batita umumnya disebabkan infeksi virus. Semua orang ketika flu atau selesma, tenggorokannya pasti meradang; merah dan nyeri. Kondisi ini sebaiknya diatasi dengan memberinya cairan lebih sering dari biasanya dan jika perlu berikan obat pereda demam, yaitu parasetamol. – FD

foto: bundoo.com