Jangan Asal Pilih Sarapan.

Health - 13 Apr 2018

Jangan pernah melewatkan sarapan pagi saat memulai hari. Tanpa sarapan pagi, Anda ibarat mobil yang kehabisan bensin. Manfaat yang bisa kita dapat dengan sarapan pagi adalah memenuhi kebutuhan energi untuk memulai aktivitas, memenuhi kebutuhan nutrisi sehat, memenuhi asupan protein , serat, kalsium dan lemak yang sesuai, menjaga indeks masa tubuh normal dan untuk performa yang lebih baik.

Penelitian menunjukkan sarapan dapat meningkatkan perbaikan mood dan menurunkan stress. Penelitian pada anak menunjukkan bahwa sarapan dapat meningkatkan pencapaian belajar.

Memilih menu sarapan pagi sangat penting dilakukan karena sarapan merupakan bahan akar bagi tubuh dan otak kita untuk beraktivitas atau bekerja.  Jangan sampai salah pilih atau menyantap sarapan sembarangan.. Lantas, asupan apa saja yang harus ada dalam menu sarapan sehat Anda setiap hari? Syarat sarapan sehat antara lain:

Mengandung karbohidrat kompleks

Tinggi serat

Sumber protein rendah lemak

Mengandung vitamin dan mineral

Rendah lemak jenuh

Untuk Anda yang sibuk dan sering tak sempat membuat sarapan pagi yang sehat, Anda bisa memilih menyantap oatmeal. Oatmel mengandung karbohidrat kompleks, protein, tinggi serat, vitamin dan mineral, antioksidan dan zat penting lainnya yang dibutuhkan tubuh. Tak heran jika oatmeal memiliki segudang manfaat sebagai menu sarapan pagi Anda. Oatmeal membantu menurunkan kolesterol total dan kolesterol LDL, menurunkan kadar glukosa darah, membantu rasa kenyang lebih lama, meningkatkan bakteri baik di saluran cerna dan mencegah kanker usus. (YU)

Foto: .livestrong.com