Jenis Sayuran Ini Berefek Samping Bagi Tubuh

Health - 13 Feb 2018

Anda sedang diet dan jadi hobi makan sayuran? Memang tak salah, karena selain mengandung vitamin dan mineral, dalam sayuran ada banyak sekali serat yang berguna untuk proses pencernaan tubuh. 

Selain itu, dalam sayur-sayuran juga ada kandungan antioksidan dan karotenoid yang baik untuk menangkal radikal bebas. Sayangnya tak semua orang bisa mengonsumsinya, karena dalam beberapa kasus, jenis sayuran tertentu memiliki efek samping bagi tubuh. 

Misalnya saja sayur bayam, sayur daun singkong dan brokoli mengandung karbohidrat yang tak bisa dicerna dan tak bisa diserap (undigestable and unabsorbed carbo) oleh usus. Padahal manusia tidak punya enzim alfa-galaktosidase, sehingga zat-zat tersebut akan langsung masuk ke usus besar dan terfermentasi oleh bakteri, sehingga mengalami mual dan perut kembung. 

Jadi solusinya bagaimana agar sayuran jenis tadi mudah dicerna dan vitaminnya bisa diserap tubuh dengan sempurna? Potong kecil-kecil sayuran tersebut dan rebus agak lama, terutama untuk sayur daun singkong. (RR)

Foto: media.nationalgeographic.co.id