Memenuhi Nutrisi Selama Ramadhan

Health - 16 May 2018

Saat berpuasa kita cenderung mengabaikan makanan sehat. Kita lebih memilih menyantap makanan yang mengenyangkan. Padahal saat berpuasa, tubuh membutuhkan asupan nutrisi yang seimbang.

Saat berpuasa, asupan makanan hanya pada saat sahur dan berbuka puasa. Tentu hal ini akan berpengaruh pada kinerja tubuh. Saat menjalani puasa, tubuh membutuhkan nutrisi yang sehat dan seimbang. Namun, yang terjadi, kebanyakan dari kita mengonsumsi makanan berminyak dan berlemak pada saat sahur dan berbuka puasa. Ada anggapan keliru kalau menyantap makanan berlemak dan berminyak akan memberi energi sepanjang hari. 

Faktanya, makanan berlemak atau berminyak hanya akan membuat tubuh menjadi cepat lelah. Pola makan yang tidak sehat hanya akan menimbulkan berbagai macam penyakit saat berpuasa. Maka dari itu cermatlah memilih makanan untuk sahur dan berbuka puasa. 

Nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh amat beragam, antara lain makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti oatmeal, lentil, kacang-kacangan, biji-bijian. Protein seperti telur, daging unggas. Makanan yang mengandung serat tinggi seperti sayur, buah-buahan dan jenis makanan lainnya. Berikut pembahasannya: 

1. Kurma

Karbohidrat dibutuhkan untuk memenuhi nutrisi tubuh selama berpuasa. Karbohidrat juga dapat memicu sekresi hormon insulin yang berfungsi untuk mengoptimalkan otot-otot pada tubuh Anda. Kurma memiliki kandungan karbohidrat yang sangat tinggi.

2. Susu, telur, ayam dan kedelai

Protein sangat penting untuk memenuhi nutrisi yang dibutuhkan tubuh kala berpuasa. Kita bisa mendapatkan sumber protein dari susu, telur, ayam, ikan dan kedelai. Disarankan untuk protein sekitar 20 gram ketika sahur dan berbuasa puasa.

3. Sayur dan buah

Saat berpuasa tubuh membutuhkan asupan nutrisi yang mengandung vitamin C dan E. Kedua vitamin berfungsi sebagai antioksidan yang akan membuat tubuh lebih bugar dan tidak mudah sakit ketika berpuasa. Kedua vitamin bisa ditemukan dalam sayur dan buah-buahan. 

4. Sereal

Sereal seperti oat merupakan sumber serat yang baik. Memperbanyak asupan makanan yang mengandung serat pada saat sahur adalah salah satu cara mencegah cepat datangnya rasa lapar.

5. Makanan bertepung

Nasi, kentang, roti, pasta dan mie merupakan makanan bertepung yang menjadi sumber penting dari nutrisi dalam makanan kita. Makanan bertepung mengandung serat, folat,Vitamin B, kalsium, dan zat besi

6. Yogurt

Yogurt sangat baik disantap saat sahur karena menyediakan nutrisi seperti protein, kalsium, yodium dan Vitamin B. Anda bisa mengkombinasikannya dengan sereal dan buah. (YU)

Foto: aboutislam.net