Menyalakan Lampu Saat Tidur Bisa Membahayakan Otak?

Health - 13 Sep 2018

Sebuah penelitian yang dilakukan Ohio State University Medical Center, yang dipublikasikan pada Juli 2013, menyimpulkan bahwa tidur dengan lampu menyala bisa menimbulkan perubahan struktur pada otak dan menyebabkan depresi. 


Penelitian tersebut dilakukan pada seekor hamster yang terus diberikan lampu menyala pada malam hari. Setelah beberapa hari, hamster mulai menunjukkan tanda-tanda depresi. Namun gejala depresi hilang dalam dua inggu setelah hamster kembali tidur dengan lampu dimatikan. Penelitian yang dilakukan American Medical Association (AMA) menyimpulkan bahwa tidur  dengan lampu menyala bisa menyebabkan berat badan naik. 


Saat seseorang tidur dalam keadaan terang, ternyata tubuhnya tidak memproduksi hormon melatonin, hormon yang membuat kantuk. Hormon tersebut juga berpengaruh pada seberapa nyenyak seseorang tidur. Akibat tidur tak nyenyak, seseorang akan sering bangun dan menimbulkan keinginan untuk makan pada malam hari. Dalam penelitian ini AMA juga melaporkan penggunaan barang elektronik seperti komputer, laptop, dan telepon genggam bisa mengakibatkan gangguan tidur pada anak dan remaja. FD


foto: homecrux