Menyusui Menurunkan Risiko Kanker

Health - 11 Feb 2019

Menyusui bayi selama minimal enam bulan sampai satu tahun terbukti baik bagi kesehatan bayi. Beberapa penelitian ini mengungkapkan bahwa menyusui juga baik bagi kesehatan sang ibu:


- Penelitian yang dilakukan University of North Carolina School of Medicine tahun 2009 menunjukkan bahwa wanita dengan riwayat keluarga kanker payudara yang menyusui bayinya bisa menurunkan risiko kanker payudara sebesar 59%. Penelitian ini tidak mencari tahu mengapa menyusui bisa menurunkan risiko kanker payudara, namun peneliti menduga, pada wanita yang tidak menyusui, peradangan dan pembengkakan yang terjadi setelah lahir menyebabkan perubahan pada jaringan payudara yang bisa meningkatkan risiko kanker payudara. Menyusui bisa mencegah peradangan ini.


- Penelitian kolaboratif internasional yang diterbitkan Annals of Oncology juga menunjukkan bahwa menyusui bisa mengurangi risiko pengembangan hormon reseptor negatif kanker payudara sebesar 20%.

- dr Utami Roesli, SpA, IBCLC, FABM menuturkan bahwa ibu-ibu menyusui selama 2 tahun atau lebih akan terhindar dari risiko kanker. ASI mengandung Human Alpha-lactalbumin Made Lethal to Tumour cells (HAMLET) yang bisa mencegah ibu dari penyakit kanker, termasuk kanker payudara dan kanker serviks. HAMLET ditemukan secara tidak sengaja ketika para peneliti sedang menyelidiki sifat anti bakteri yang ada dalam ASI. Zat ini terdiri dari protein dan asam lemak yang ditemukan secara alami dalam ASI. Red