Minyak Zaitun Kurangi Risiko Kanker Payudara

Health - 13 May 2018


Sebuah studi terhadap sekelompok perempuan di Spanyol menunjukkan bahwa dengan mengonsumsi empat sendok minyak zaitun sehari bisa mengurangi risiko terkena kanker payudara. 


Studi tersebut memantau 4.282 perempuan berumur 60 sampai 80 tahun yang dibagi menjadi tiga kelompok. Masing-masing kelompok mendapatkan menu diet Mediterania yang berbeda. 


Yang pertama ditambahkan minyak zaitun, yang kedua ditambahkan kacang-kacangan dan yang terakhir diet rendah lemak. Diet Mediterania sendiri terdiri dari buah-buahan, sayur, kacang-kacangan, ikan dan juga daging. Setelah lima tahun, ditemukan bahwa perempuan yang mengonsumsi diet Mediterania yang ditambahkan empat sendok minyak zaitun berisiko 68% lebih rendah terkena kanker payudara. 


Empat sendok minyak zaitun ini ditambahkan dalam salad, roti dan juga digunakan untuk memasak. Dr. Miguel Angel Martines-Gonzales, peneliti dari University of Navarra, Spanyol, mengatakan, zat-zat yang terkandung dalam minyak zaitun dapat mencegah berkembangnya sel kanker dan juga mematikan sel-sel yang tidak normal. Setidaknya, gunakan minyak zaitun untuk menumis sayuran, ikan atau ayam, atau sekadar menambahkannya pada salad di rumah. (FD)

 foto: sciencedaily.com