Pentingnya Vaksin Hepatitis B

Health - 02 Aug 2018

Hepatitis B, yaitu infeksi serius yang menyerang hati, merupakan salah satu penyebab kematian terbesar. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan lebih dari 780.000 kematian tiap tahun di dunia disebabkan oleh hepatitis B. Di Indonesia sendiri, hasil Riset Kesehatan Dasar pada tahun 2007 menunjukkan bahwa prevalensi hepatitis B sebesar 9,4%. 


Artinya, satu dari 10 penduduk Indonesia terinfeksi hepatitis B. Itulah sebabnya bayi yang baru lahir dianjurkan segera mendapat vaksin hepatitis B. Dr dr Hanifah Oswari, Sp.A(K), staf Gastroenterohepatologi FKUl/RSCM menjelaskan penularan dari ibu hamil ke bayinya merupakan jalur masuk utama penyebaran penyakit hepatitis B di Asia.


 Penularan hepatitis B dari ibu ke bayi dapat terjadi saat di dalam kandungan atau setelah proses kelahiran. Bila bayi tertular infeksi hepatitis B dari ibunya sejak lahir, maka risiko penyakit tersebut untuk menjadi kronis terbilang sangat tinggi, yaitu hingga 90%. Kondisi kronis ini terbawa terus sampai dewasa. Pemberian vaksinasi hepatitis B dosis pertama pada bayi yang baru lahir, diyakini bisa  mencegah penularan penyakit ini hingga sekitar 90%. WHO merekomendasikan pemberian dosis pertama saat lahir dilakukan dalam waktu kurang dari 24 jam. - FD


foto: vaxxter.com