Perempuan Butuh Lebih Banyak Tidur?

Health - 06 Apr 2018

Ternyata perempuan membutuhkan jam tidur lebih panjang dibandingkan pria. Bila kurang tidur, perempuan menanggung risiko lebih besar. Peneliti di Duke University, Durham North Carolina, menemukan bahwa wanita butuh waktu tidur lebih banyak. Jika tak tidur cukup, maka wanita akan mengalami gangguan mental dan fisik. Bukan itu saja. 

Perempuan yang kurang tidur cenderung rentan terhadap penyakit jantung, depresi, juga risiko pembekuan darah yang dapat menyebabkan stroke, termasuk peradangan sebagai indikasi terjadi masalah kesehatan. Ahli masalah tidur Dr Michael Breus mengatakan perempuan yang kurang tidur akan merasa nyeri ketika bangun. Hal ini ni yang menjelaskan mengapa wanita merasa lebih sakit jika waktu tidurnya tak cukup dibanding pria. 

Selain itu, kondisi kurang tidur juga membuat perempuan lebih gampang tersinggung. ”Kami menemukan bahwa wanita lebih depresi, mudah marah di pagi hari dibanding pria,” kata Breus seperti dilansir news.com.au. Breus menyarankan jika wanita tak cukup tidur malam hari maka bisa tidur di siang hari. Tidur siang dilakukan selama 25 menit hingga 90 menit. Ini bukan pertama kali para ahli mengemukakan bahwa wanita butuh lebih banyak tidur dibanding pria. 

Peneliti dari Inggris juga pernah mengungkap bahwa wanita butuh tidur lebih banyak karena fungsi otak perempuan sangat banyak. ”Salah satu fungsi utama dari tidur adalah memungkinkan otak untuk memulihkan dan memperbaiki diri,” kata Profesor Jim Horne, Direktur Sleep Research Centre di Loughborough University Inggris. ”Selama tidur nyenyak korteks-bagian dari otak yang bertanggung jawab untuk berpikir, memori, bahasa, dan sebagainya- mengalami pemulihan.” Horne menambahkan, semakin banyak otak Anda digunakan pada siang hari, maka semakin banyak pula tidur yang dibutuhkan. "Otak wanita cenderung melakukan banyak fungsi dibanding pria, oleh karena itu wanita butuh lebih banyak tidur. Pada pria yang memiliki pekerjaan kompleks seperti pengambil keputusan memang butuh waktu tidur lebih banyak, namun tidak sebanyak wanita,” ujarnya.  

sumber:dokterdigital.com
foto: dotcomwomen.com