Protein Bukan Cuma Daging Lho!

Health - 08 Mar 2018

Daging sapi, daging ayam, atau daging ikan lebih dikenal sebagai sumber protein. Padahal, senyawa protein juga ditemukan dalam tumbuh-tumbuhan, yang disebut sebagai protein nabati. Protein nabati kaya akan asam glutamat (asam amino yang berkaitan dengan kondisi tekanan darah). Jeremiah Stamler, MD, profesor di The Feinberg School of Medicine at Northwestern University di Chicago, AS, menyatakan protein nabati baik untuk kesehatan jantung, karena protein nabati tidak mengandung lemak. Apa sajakah sumber protein nabati?


1. Kacang-kacangan

Sumber protein nabati pertama yang populer dan mudah diperoleh adalah kacang-kacangan. Variasinya banyak, dan bisa diolah menjadi pendamping makan besar maupun camilan di waktu senggang. Dalam secangkir kacang merah, kacang hitam atau buncis, setidaknya terdapat 13-15 gram protein.


2. Tempe dan Tahu

Tempe dan tahu dibuat dari kacang kedelai yang difermentasi. Keduanya kaya akan serat, kalsium, vitamin B, dan zat besi. Dalam 100 gram tahu terkandung 105 mg kalsium, setara dengan setengah gelas susu.


3. Jamur

Bagi vegetarian, jamur seringkali dijadikan alternatif pengganti daging merah, karena kandungan proteinnya sangat tinggi. Tambahkan jamur merang atau jamur kuping dalam sup untuk Si Kecil, atau tumis jamur tiram bersama udang. - FD

 

foto: blackdoctor.org