Sehat dengan Buah Rendah Gula

Health - 07 Mar 2018

Mengonsumsi buah-buahan sangat dianjurkan untuk mendapatkan pola makan yang baik. Namun beberapa jenis buah diketahui mengandung kadar gula yang tinggi. Alih-alih menurunkan berat badan atau mengontrol gula darah, mengonsumsi buah yang tidak tepat justru akan menambah asupan gula dan kalori dalam tubuh. 

Berikut ini beberapa buah rendah gula yang bisa jadi pilihan untuk dikonsumsi.

1. Pepaya

Pepaya memiliki indeks glikemik alami rendah sehingga dapat membantu mengatur kadar glukosa darah. Pepaya juga kaya akan karoten dan enzim papain yang bisa melawan zat radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Kandungan potasiumnya pun tertinggi dibandingkan buah lain sehingga baik untuk mencegah penyakit jantung.

2. Keluarga Beri

Stroberi, raspberry, blackberry adalah keluarga buah yang rendah gula. Rata-rata kandungan gula per 150 gram penyajian hanya 4–7 gram saja. Kecuali blueberry, mengandung sekitar 15 gram gula per 150 gram takaran penyajiannya. Keluarga beri juga kaya antioksidan dan vitamin C sehingga baik untuk kulit dan pencernaan Anda.

3. Apel

Buah apel sudah lama dikenal sebagai buah yang baik untuk kesehatan. Satu buah apel ukuran kecil memiliki 54 kalori dan 14 gram karbohidrat. Apel juga mengandung antioksidan dan serat yang cukup tinggi, serta vitamin C.

4. Kiwi

Buah kiwi cukup aman dikonsumsi oleh penderita diabetes. Satu buah kiwi ukuran besar mengandung sekitar 56 kalori dan 13 gram karbohidrat. Indeka glikemiknya pun tergolong rendah, yakni 53. Kiwi juga mengandung inositol yang penting untuk mengatur kadar glukosa darah.  (FD)

Foto: pixabay.com