Siklus Haid Pendek Resiko Terkena Kanker Payudara

Health - 10 Jan 2019

Ternyata durasi siklus menstruasi terkait dengan risiko seseorang terkena kanker payudara. Dalam laporan yang dipublikasikan di Asian Pacific Journal of Cancer Prevention, peneliti menemukan hubungan yang signifikan antara panjang siklus menstruasi dengan perkembangan kanker payudara.

Menurut para peneliti, wanita yang memiliki siklus menstruasi lebih pendek memiliki risiko lebih tinggi mengidap kanker payudara. Para peneliti mengamati 263 kasus kanker payudara dan membandingkannya dengan 457 kasus lain sejak tahun 2009 sampai 2011. 

Semua kasus yang diteliti ini benar-benar ditujukan untuk menguji hubungan antara karakteristik kemampuan reproduksi wanita dengan risiko kanker payudara. Temuan ini bukan yang pertama kalinya menegaskan hubungan antara kanker payudara dengan siklus menstruasi yang pendek. Sebelumnya, dr Dale P. Sandler dari National Institute of Environmental Health Sciences Research di AS, yang penelitiannya dipublikasikan di American Journal of Epidemiology, menegaskan hal serupa. 

Penelitian ini didasarkan pada data dari 997 orang wanita yang telah mencatat siklus menstruasinya. "Kami menemukan bahwa dibandingkan dengan wanita yang memiliki siklus menstruasi rata-rata 26-29 hari, wanita dengan siklus menstruasi kurang dari 26 hari atau lebih dari 34 hari memiliki kemungkinan 90 persen didiagnosis kanker payudara," ujar dr Sandler.  

sumber: dokterdigital.com

foto: robustsoul.com