Tanda Anak Menderita Otitis Media

Health - 05 Feb 2018

Infeksi telinga atau otitis media merupakan salah satu penyakit paling umum yang diderita anak-anak dan bayi. Penelitian  terbaru menunjukkan 60 persen anak-anak yang terserang flu juga menderita infeksi telinga. Kenali tanda-tanda infeks i telinga pada anak berikut ini:

1. Gejala Pilek - Infeksi telinga hampir selalu didahului penyakit flu. Biasanya ingus akan berubah warna menjadi kuning atau hijau sebelum infeksi telinga menyerang. 

2. Menangis dan Mudah Tersinggung - Jika anak Anda tiba-tiba jadi lebih mudah marah, infeksi telinga mungkin penyebabnya. The American Academy of Pediatrics (AAP) menjelaskan: “Gejala paling umum dari infeksi telinga adalah rasa nyeri. Anak yang lebih tua mungkin bisa memberitahu Anda kalau telinga mereka sakit. Tapi, bagi anak yang lebih kecil, mereka mungkin tampak lebih mudah marah dan sering menangis. Perhatikan saat mereka makan, proses menelan dan mengunyah kadang membuat perubahan tekanan yang menyakitkan di dalam telinga.”

3. Deman - Tanda lain dari infeksi telinga adalah demam.  Tapi ada juga yang demam tinggi atau tidak disertai demam sama sekali.

4. Menarik-narik Telinga - Perhatikan perilaku Si Kecil. Jika ia sering menarik-narik telinga bisa jadi pertanda menderita infeksi telinga.

5. Keluar Cairan dari Telinga - Cairan mungkin berbau busuk dan terlihat berbeda dari kotoran telinga pada umumnya. 

6. Kehilangan Nafsu Makan -  Anak atau bayi Anda kehilangan nafsu makan selama menderita infeksi telinga karena rasa nyeri.

Mengurangi Rasa Nyeri

Untuk menurunkan demam dan meredakan rasa sakit, obat yang biasa digunakan pada penderita infeksi telinga adalah parasetamol atau ibuprofen.  Vitamin C juga membantu membuat tubuh lebih tahan dari serbuan kuman. (YU)

Foto: babycenter.com