Waspada Penyakit Langganan Musim Hujan

Health - 12 Feb 2018

Musim hujan sudah mencapai puncaknya. Tentunya curah hujan yang tingi berpotensi menimbulkan bencana seperti banjir yang baru-baru ini melanda sejumlah daerah di Indonesia. 

Selain bencana banjir yang dikhawatirkan, penyakit yang menyerang seiring datangnya musim hujan juga perlu kita waspadai. Sejumlah penyakit yang sering muncul di musim hujan, antara respitori  atau penyakit pernapasan (mencakup asma, pneumonia TB, ISPA, PPOK) diare, demam berdarah dan sebagainya. 

Setidaknya, dengan mengetahui penyakit yang sering muncul di musim hujan dan banjir, kita lebih siap dalam mencegah dan mengatasinya. 

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga stamina tubuh dan mencegah keluarga kita terserang penyakit di musim hujan: 

1. Konsumsi Vitamin C

Vitamin C membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga tidak mudah terserang penyakit. 

2. Banyak Konsumsi Sayuran

Konsumsi makanan yang sehat dan bergizi sangat penting untuk menjaga daya tahan tubuh. Perbanyak makan sayuran di musim hujan, sebab sayuran efektif melindungi tubuh dari penyakit.

3. Olahraga

Olahraga terbukti mampu menjaga kesehatan dan  mencegah berbagai penyakit.

4. Cukup Tidur

5. Menjaga Kebersihan Diri

Salah satu cara menjaga tubuh tetap sehat adalah dengan menjaga kebersihan diri. Biasakan mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, saat menggunakan toilet dan sebagainya. Menjaga kebersihan tangan juga bisa mencegah penyebaran penyakit seperti pilek,  pneumonia dan diare. (YU)

Foto: skymetweather.com