Rumah Bersolek Jelang Lebaran





Bagi Anda yang merayakan, menjelang datangnya Hari Raya Idul Fitri, bersih-bersih dan menata rumah sudah menjadi agenda rutin yang tak boleh dilewatkan. Apalagi bila rumah Anda menjadi tempat berkumpulnya keluarga dan kerabat. 

Rumah yang bersih dan tertata rapi tentunya memberi kenyamanan bagi keluarga dan kerabat yang berkunjung. Berikut ini beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan untuk mendapatkan suasana rumah yang berbeda menjelang Idul Fitri.

Mengubah Tata Letak 
Ruangan yang paling sering digunakan untuk acara silaturahmi Lebaran biasanya ruang tamu, ruang keluarga, dan ruang makan. Pusatkan penataan dan dekorasi pada tiga ruangan ini. Bila masih memungkinkan, cobalah mengubah tata letak atau menukar posisi peraboran yang ada, seperti sofa atau kursi dan meja. Tujuannya agar ruangan terasa lebih lega dan bisa menampung lebih banyak orang daripada biasanya. Anda juga bisa menggelar tikar atau karpet untuk membuat area lesehan di ruang keluarga. 

Dandani Dinding
Biasanya momen menjelang Lebaran merupakan waktunya untuk mengecat ulang dinding rumah, atau mengganti wallpaper. Dinding yang warna catnya sudah kusam, atau wallpaper-nya mulai mengelupas di sana-sini, tentunya mengurangi keindahan penampilan rumah. Untuk menambah aksen, Anda bisa menempatkan beberapa hiasan dinding. Misalnya lukisan besar di ruang tamu, rangkaian bingkai foto di ruang keluarga, atau wall art berupa kata-kata inspiratif di titik-titik tertentu, yang bisa menjadi centre of attention.

Ganti Kulit Sofa
Sofa yang Anda miliki mungkin masih terawat dengan baik. Namun untuk memberikan kesan baru dan berbeda, Anda bisa menyiasati penampilannya dengan mengganti kulitnya dengan warna dan motif baru sesuai keinginan. Bagian sandaran lengan juga bisa dicat kembali untuk mendapatkan tampilan yang berbeda.

Karpet, Tirai, dan Bantal yang Harmonis
Kesesuaian warna dan motif pada karpet, tirai, dan bantal sofa bisa mendongkrak tampilan sebuah ruangan. Gunakan satu nuansa warna untuk diaplikasikan pada seluruh elemen dekoratif, seperti bantal sofa, karpet, tirai, dan taplak meja. Jika furnitur didominasi warna gelap, sebaiknya elemen dekoratif menggunakan warna yang lebih terang atau muda, dan bermotif. Dengan demikian ruangan terasa lebih meriah tanpa berlebihan.
 
Hadirkan Kesegaran Bunga
Rangkaian bunga segar identik dengan perayaan. Lengkapi dekorasi rumah dengan menempatkan vas berisi bunga segar di sudut-sudut rumah. Sebagai nilai lebih, pilih bunga yang memiliki aroma harum alami seperti mawar, lili, atau sedap malam. Anda bisa menggunakan jasa perangkai bunga untuk mendapatkan rangkaian bunga yang lebih spesifik. Namun sekedar menempatkan beberapa batang sedap malam dalam sebuah vas pun tak mengurangi keindahannya. Yang perlu diingat, bila Anda berniat mengadakan jamuan makan bergaya sitting dinner, rangkaian bunga di meja makan sebaiknya tidak berukuran panjang dan besar agar tidak menghalangi pandangan.

Foto: www.bloggerbanua.com