Cukup Air Selama Kehamilan, Ini Manfaatnya!

Maternity - 08 Jan 2019

Air adalah salah satu kebutuhan untuk menjalani hidup sehat. Mengonsumsi 8 gelas air sehari akan menjaga tubuh tetap sehat dan bugar. Bagaimana dengan ibu hamil, berapa banyak air yang harus dikonsumsi setiap hari?  

Selama kehamilan, pola makan Anda berubah, demikian juga dengan asupan cairan setiap hari. Kalau sebelum hamil 8 gelas, selama berbadan dua Anda sebaiknya meningkatkan asupan cairan menjadi 10 hingga 12 gelas perhari. 

Berikut ini manfaat air minum selama kehamilan:

1. Menyalurkan nutrisi pada janin

Air berfungsi membawa nutrisi penting yang dibutuhkan janin melalui darah (air adalah komponen utama dari darah). Air juga membantu tubuh menyerap nutrisi penting dari makanan yang kita konsumsi. 

2. Membantu proses pembuangan

Saat hamil, Anda tidak hanya makan dan minum untuk dua orang, tetapi juga membuang zat-zat yang tidak berguna untuk dua orang. Sebab itulah dibutuhkan banyak air untuk membuang kotoran tersebut. Air yang cukup juga mencegah ibu hamil mengalami sembelit.

3. Membantu menjaga suhu tubuh

Suhu tubuh meningkat saat hamil. Minum air yang cukup membantu mengendalikan dan menjaga suhu tubuh Anda. 

4. Memperbaiki jaringan  kulit

Kapan pun Anda mengalami masalah kulit, Anda selalu disarankan untuk mengonsumsi lebih banyak air. Ya, air membantu menjaga kulit tetap terhidrasi dengan baik dan terasa segar. Umumnya ibu hamil mengalami beberapa masalah kulit seperti jerawat, kulit kering dan sebagainya. Jika Anda cukup minum air, kulit  akan lebih sehat, lembut dan kenyal. 

5. Mencegah bengkak dan kembung

Terkadang kehamilan menyebabkan edema atau pembengkakan di tempat-tempat tertentu pada tubuh. Minum air dengan cukup akan membantu mencegah terjadinya pembengkakan. (red)

Foto: emmasdiary.co.uk