Menikmati Minggu Terakhir Kehamilan

Maternity - 01 Aug 2017

Saat memasuki minggu-minggu terakhir kehamilan, perasaan ibu semakin campur aduk. Merasa berdebar-debar menanti kelahiran, rasa tidak sabar bercampur senang karena tak lama lagi akan melihar dan memegang bayi yang selama ini ada dalam kandungan. 

Meski sejumlah ketidaknyamanan akan Anda rasakan seperti sulit bergerak karena perut membesar, sembelit, nyeri pinggang, insomnia dan sebagainya, namun tidak ada salahnya Anda menikmati minggu terakhir kehamilan atau trimester tiga dengan suka cita. Bagaimana cara menikmatinya?

1. Memanjakan diri. Anda bisa melakukan pijat khusus untuk ibu hamil. Selain membuat Anda merasa santai, pijat juga membantu mengendurkan otot-otot yang tegang. Bisa juga pergi belanja, nonton  di bioskop, membaca buku dan melakukan hal-hal yang menyenangkan lainnya.

2. Tidur. Hal ini memang akan sulit dilakukan. Karena siapapun yang ada di minggu-minggu terakhir kehamilan akan merasa sulit menemukan posisi yang nyaman untuk tidur. Tapi tak ada salahnya Anda berusaha menikmati tidur atau istirahat Anda, selagi bisa. Karena saat Si Kecil lahir, boleh jadi Anda akan kurang tidur. Kenakan baju tidur yang nyaman, gunakan bantal untuk mengganjal paha saat tidur dalam posisi miring. 

3. Menikmati waktu bersama pasangan. Tidak ada salahnya melakukan ‘kencan terakhir’ bersama suami sebelum Anda melahirkan.Ajak pasangan untuk mMakan malam romantis, nonton bioskop, bersantai di taman dan sebagainya.

4. Melakukan pekerjaan rumah tangga. Saat hamil tua, memang ada beberapa pekerjaan yang tidak boleh dilakukan ibu hamil, seperti mengangkat beban berat (memindahkan perabotan) dan pekerjaan berat lainnya. Lakukan pekerjaan ringan, seperti menyapu, mengelap kaca jendela atau memasak. Anda bisa membuat masakan dan menyimpannya di kulkas, sehingga Anda tidak perlu khawatir tentang persediaan makanan di minggu-minggu awal Anda melahirkan. 

5. Menyiapkan perlengkapan persalinan. Siapkan perlengkapan bayi dan Ibu yang diperlukan untuk dibawa ke tempat persalinan. Anda bisa membuat daftar barang agar tidak ada yang terlewatkan. (YU)

Foto: momjunctions.com