Merencanakan Kehamilan Pasca Keguguran

Maternity - 12 Jul 2017

Keguguran bisa menyiksa fisik maupun emosi. Secara fisik mungkin bisa pulih dalam waktu beberapa hari, namun secara emosional membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Mengalami keguguran bukanlah akhir dari segalanya. Umumnya wanita yang mengalami keguguran mendapatkan kehamilan yang sehat setelahnya. 

Jika Anda merencanakan kehamilan, ada banyak hal yang harus Anda persiapkan. Selain fisik dan mental, ada baiknya Anda juga melakukan tes kesehatan. Ada berbagai jenis tes kesehatan yang dilakukan untuk memastikan apakah Anda siap kembali hamil.  

Tes yang mungkin disarankan oleh dokter kandungan Anda antara lain tes darah, tes kromosom, USG (untuk memeriksa kesehatan rahim dan serviks), histeroskopi, histerosalpingografi dan sonohisterogram.

Waktu terbaik untuk hamil pasca keguguran

Besar kemungkinan Anda segera hamil setelah keguguran, saat rahim kembali berfungsi normal. Namun untuk itu akan tergantung pada kesiapan mental dan sebagainya. Meskipun tidak ada waktu yang ideal, dokter umumnya merekomendasikan untuk menunggu setidaknya 6 bulan pasca keguguran.  Saat merencanakan hamil, penting bagi Anda untuk untuk menjalankan gaya hidup dan pola makan yang sehat. Hal ini akan berdampak panjang, memungkinkan Anda melahirkan bayi yang sehat tanpa komplikasi.

Berikut ini hal-hal yang disarankan dokter kandungan saat Anda merencanakan kembali kehamilan: 

1. Konsumsi asam folat

Anda sebaiknya mengonsumsi suplemen asam folat beberapa bulan sebelum pembuahan. Asam folat meningkatkan kesuburan dan melindungi janin Anda. Folat memastikan perkembangan sumsum tulang belakang dan sistem saraf pusat pada bayi berjalan baik. Folat juga mengurangi risiko cacat tabung saraf pada janin selama tahap prenatal.

2. Mempertahankan berat badan yang sehat

Mempertahankan berat badan ideal sangat penting saat merencanakan kehamilan berikutnya. Kelebihan berat badan biasanya menimbulkan dampak negatif. Perhatikan apa yang Anda makan. Keharusannya adalah makanan seimbang yang kaya nutrisi. Menjaga berat badan yang sehat dan asupan makanan adalah suatu keharusan.

3. Kebugaran tubuh

Pasca keguguran Anda mungkin takut melakukan aktivitas fisik. Namun olahraga secara teratur dibutuhkan agar tubuh Anda tetap bugar. Namun, sebelum berolahraga, sebaiknya berkonsultasi dulu dengan dokter.  

4. Hindari alkohol dan narkoba

Jika Anda kecanduan mengonsumsi alkohol, obat-obatan dan rokok sebelumnya, kini saatnya untuk menghentikan kebiasaan buruk tersebut. Alkohol dan obat-obatan berbahaya bagi pertumbuhan janin. Selain itu, perokok biasanya kurang memiliki kemungkinan hamil dibandingkan dengan wanita yang tidak merokok.

5. Yoga dan meditasi

 Terapi alternatif seperti yoga dan meditasi akan membuat pikiran Anda rileks dan menjaga keseimbangan tubuh Anda. Yoga membantu Anda menghilangkan pikiran negatif dan membantu keseimbangan emosional. Anda disarankan berlatih yoga, meditasi dan latihan pernapasan saat merencakan kehamilan.

6.. Istirahat yang cukup

Meski giat berolahraga, Anda juga disarankan untuk istirahat yang cukup di siang hari. Jika Anda adalah seorang wanita pekerja yang ingin kembali hamil, cobalah untuk tidak terlalu menyiksa diri Anda sendiri di tempat kerja. 

7. Dukungan keluarga dan kerabat

Tantangan untuk hamil setelah keguguran bukanlah perjuangan Anda sendirian. Dukungan keluarga dan kerabat dibutuhkan agar Anda bisa siap mental. (YU)

Foto: momjunction.com