Pendarahan pada Ibu Hamil Setelah Bercinta, Normalkah?

Maternity - 01 Mar 2018

Bercinta saat hamil ternyata aman dan dianjurkan. Ya, selama kehamilan Anda sehat dan berjalan normal, Anda dan pasangan bisa bercinta sesering yang Anda suka. Berhubungan intim saat hamil baik untuk kesehatan mental dan hubungan. Namun, Anda mungkin merasa panik begitu mengetahui Anda mengalami pendarahan usai bercinta dengan pasangan. Apakah hal tersebut berbahaya bagi janin Anda?

 Mengapa terjadi pendarahan setelah berhubungan seks selama hamil? Serviks yang lembut dan sensitif menyebabkan pendarahan. Banyak pembuluh darah baru yang dekat dengan permukaan luar serviks. Hubungan seks menyebabkan pembuluh darah pecah akibat akibat sejumlah besar tekanan yang diterima oleh leher rahim sehingga menyebabkan keluarnya bercak darah. Pendarahan seperti ini umumnya tidak berbahaya. Kemungkinan Anda mengalami keguguran setelah berhubungan seks selama kehamilan sangat kecil. Namun, jika Anda pernah mengalami keguguran sebelumnya atau Anda memiliki dinding serviks yang lemah, dokter akan merekomendasikan Anda untuk tidak melakukan seks sebagai tindakan pengamanan.

Untuk mengurangi risiko pendarahan saat berhubungan seks selama kehamilan, Anda bisa melakukan hal berikut: 

1. Mengganti posisi seks yang aman dan nyaman

Beberapa posisi seksual dapat meningkatkan risiko bercak vagina atau pendarahan. Anda dan pasangan bisa mencoba posisi aman seperti spooning dan rear entry.

2. Gunakan pelumas:

Gunakan pelumas berbasis air karena membantu mengurangi gesekan dan ketidaknyamanan saat bersenggam. Pelumas juga akan mengurangi perdarahan dan kemungkinan iritasi di daerah serviks.

3. Gunakan kondom:

Pastikan Anda menggunakan alat kontrasepsi penghalang seperti kondom saat bercinta. Kondom akan melindungi Anda dan bayi Anda dari infeksi menular seksual (IMS). 

Dokter mungkin tidak menyarankan Anda berhubungan seks hingga Anda selesai bersalin, jika Anda memiliki kondisi: 

Rahim lemah.

Plasenta pervia.

Perdarahan berat. (YU)

Foto: everydayfamily.com