Agar Mata Anak Tetap Sehat

Tips & Tricks - 09 Nov 2017

Mata merupakan salah satu panca indera yang paling penting. Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga kesehatan mata buah hati Anda. Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan mata anak.

1. Lakukanlah pemeriksaan mata secara berkala. 

Langkah ini penting sebab banyak penyakit dan kelainan mata bisa dicegah dan diobati jika terdeteksi lebih cepat. Pemeriksaan mata rutin juga merupakan cara efektif untuk melakukan pendeteksian dini. 

2. Biasakan untuk menerapkan pola makan kaya nutrisi. 

Selain vitamin A, mata juga membutuhkan antioksidan, vitamin C, vitamin E, zinc, asam lemak omega-3, dan lutein. Semua ini bisa didapat dari sayur-sayuran, buah-buahan terutama yang berwarna merah dan kuning, kacang-kacangan, dan ikan.

3. Menjaga kebersihan mata. 

Biasakan anak untuk mencuci tangan sebelum memegang mata dan tidak mengucek atau menggosok mata saat ada benda asing yang masuk ke dalam mata. 

4. Lakukan senam mata. 

Ajak anak untuk melakukan senam mata. Caranya dengan menggerakkan bola mata secara perlahan dari atas, ke kiri dan ke kanan, lalu ke bawah.

5. Kebiasaan membaca yang benar. 

Membaca sebaiknya pada posisi duduk yang relaks. Cahaya untuk membaca yang cukup, sebaiknya dari arah belakang atau samping, tidak dari depan. Jarak baca yang benar tidak kurang dari 30 cm dan tidak lebih 40 cm. 

6. Kebiasaan menonton TV dan komputer.

Saat menonton TV atau mengunakan komputer, jarak ideal yang disarankan tidak kurang dari 30 cm. Cahaya ruangan harus mencukupi dan tidak gelap. Batasi waktu untuk menonton TV dan menatap layar komputer. (RR)

Foto: cdns.klimg.com