Ayo Bermain dengan Si Kecil. Ini Manfaatnya!

Tips & Tricks - 03 Jan 2019

Anak-anak memang membutuhkan waktu untuk bermain sendirian dan bermain dengan anak lainnya tanpa intervensi dari orangtua. Namun, penelitian juga menunjukkan waktu bermain dengan orangtua ternyata penting lho!

Anak yang bermain dengan orangtuanya akan merasa dirinya istimewa. Sebab itulah orangtua dianjurkan untuk meluangkan waktu bermain bersama buah hatinya secara teratur. Saat Si Kecil mengajak Anda bermain pura-pura, ijinkan ia mengembangkan tema permainan. Lalu Anda masuk ke dalam dunia yang ia ciptakan. Bila perlu ajukan pertanyaan kepada anak. Jangan takut terlihat konyol, mainlah bersama buah hati Anda. Saat bermain pura-pura, Anda bisa menggunakan alat bantu seperti boneka untuk menunjukkan situasi kehidupan nyata, sehingga anak bisa belajar tentang memecahkan masalah atau keterampilan sosial. 

Bermain dengan buah hati Anda akan membangun ikatan atau bonding yang akan bertahan seumur hidupnya. Anak akan merasa bahwa ia dicintai dan dihargai. Bermain bersama anak juga membantu orangtua untuk mengenal kepribadian dan keunikan yang dimiliki anak, serta menjadi peredam stress bagi orangtua yang penat bekerja. (red)

Foto: mirror.co.uk