Jangan Cemas Jelang Persalinan

Tips & Tricks - 13 Jul 2017

Dengan mengetahui proses persalinan yang akan dilalui, maka kondisi mental Anda juga akan siap menjelang persalinan. Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi rasa cemas jelang persalinan:

Berlatih Yoga Antenatal

Studi di Inggris baru-baru ini menunjukkan bahwa kelas yoga antenatal bisa membantu mengatasi perasaan cemas dan takut menjelang waktu persalinan. Peneliti menemukan bahwa ibu hamil yang ikut kelas yoga memiliki kadar hormon kortisol yang lebih rendah dibanding mereka yang tidak ikut kelas yoga antenatal. Selain itu, ibu hamil yang menyelesaikan kelas yoga ini juga merasa tidak terlalu cemas jelang melahirkan.

Kelas yoga antenatal dalam studi ini melibatkan gerakan ringan dan lebih bertujuan meredakan nyeri, memperbaiki posisi bayi, meningkatkan fleksibilitas pinggul, dan teknik pernapasan. 

Kelas Senam Hamil

Senam hamil bermanfaat untuk memberi kekuatan dan kelenturan tubuh, melatih pernapasan, serta melancarkan peredaran darah. 

Bayangkan Bayi Mungil Anda

Proses persalinan terkadang memakan waktu hingga belasan jam. Proses yang sangat melelahkan dan perjuangan antara hidup dan mati. Namun proses itu memang harus dilalui. Bayangkan saja wajah mungil buah hati Anda jika ia sudah keluar nanti. – FD`

foto: anxiety.jeanhailes.org.au