Jangan Lakukan Ini Sebelum Tidur!

Tips & Tricks - 30 May 2018

Ada beberapa kebiasaan sebelum tidur yang tampaknya sepele, tetapi sebenarnya malah bisa memperlambat proses perbaikan kulit saat tidur. Apa saja sih kebiasaan tersebut? 

1. Tidur Tengkurap

Bagi sebagian orang, tidur dalam posisi tengkurap merupakan posisi tidur yang paling nyaman. Menurut ahli dermatologi Dr. Purvisha Patel dalam laman Men’s Health, posisi ini memberikan efek pembengkakan, khususnya pada mata. Tidur dengan posisi ini mendorong cairan menumpuk di wajah dan memberikan tekanan wajah untuk mengendur dan kehilangan kolagen.

2. Tidak Mandi dan Mencuci Muka

Sangat penting untuk mandi dan mencuci muka sebelum tidur. Kegiatan ini bertujuan untuk membersihkan kulit dari keringat dan kotoran yang menyumbat pori-pori. Kotoran yang menyumbat pori-pori wajah bisa menyebabkan jerawat. Gunakan cairan/sabun pembersih muka untuk hasil lebih maksimal. Mandi air hangat  membuat tubuh lebih rileks sehingga lebih mudah tidur. 

3. Terlalu Banyak Menggunakan Produk Kecantikan

Produk perawatan kulit di malam hari memang bisa membantu kesehatan kulit. Namun hati-hati, terlalu banyak menggunakan produk tersebut bisa membahayakan kulit Anda. Misalnya, produk yang memiliki kandungan retinol untuk mencegah keriput, bila dicampurkan dengan peroksida benzoyl untuk melawan jerawat, membuat kulit kering dan iritasi. Sebaiknya, konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu untuk penggunaan produk kecantikan yang sesuai dengan kulit Anda. 

4. Tidak Minum Air

Saat tidur, sel-sel tubuh sangat membutuhkan air untuk regenerasi kulit. Bila terjadi dehidrasi, kulit akan kehilangan elastisitas sehingga kering, kusam, dan tampak keriput. Karena itu, minumlah segelas air putih sebelum tidur. (FD)

Foto: dailyenterpriser.com