Liburan di Pantai Bersama Si Kecil

Tips & Tricks - 02 Nov 2018

Mengajak anak-anak bermain di pantai pastinya seru dan menyenangkan. Tapi, sebelum Anda mengajak Si Kecil liburan di sana, pastikan Anda sudah mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang.
   
Pantai memang menjadi lokasi favorit menghabiskan waktu liburan bersama keluarga. Namun pantai bisa menjadi tempat yang berbahaya jika kita tidak berhati-hati. Berikut ini tips mengajak anak liburan yang nyaman dan aman di pantai.

# Lindungi Kulit dengan Tabir Surya
Saat pergi ke pantai, jangan pernah lupa membawa krim pelindung matahari atau tabir surya. Melindungi kulit anak-anak dari sinar ultra violet. Saat ini banyak dijual produk tabir surya yang dirancang khusus untuk kulit anak-anak yang sensitif.  Selain tabir surya, lindungi kulitnya dari sengatan matahari misalnya dengan menggunakan topi, payung dan sebagainya.

# Awasi Anak Sepanjang Waktu
Saat anak bermain di laut, selalu awasi anak-anak dengan ketat. Jangan pernah meninggalkan anak tanpa pengawasan orang dewasa. Anda dapat bergantian dengan orang dewasa lainnya dalam menjaga dan mengawasi anak.  Laut bisa sangat berbahaya, dan anak kecil biasanya rentan tersapu ombak. Awasi anak agar berenang tidak terlalu dalam dan jangan pernah mengijinkan anak menyelam di tempat yang dalam.

# Bawa Peralatan Berenang dan Bermain
Peralatan ini akan membuat acara bermain di pantai semakin menyenangkan. Life jacket diperlukan untuk menjaga anak tetap aman, kacamata renang membantu meindungi matanya.  Anak-anak yang tidak ikut berenang bisa bermain pasir dan mencetak kastil pasir yang indah, atau mengumpulkan kerang.

# Kenakan Pakaian yang Nyaman
Pilihlah pakaian dengan bahan tipis agar mudah kering saat bermain air nanti. Bekali anak-anak dengan sandal santai  saat di pantai sehingga mereka bisa bermain tanpa harus terbakar kakinya akibat pasir yang panas, atau pecahan kerang yang dapat melukai kakinya.

# Membawa Makanan dan Minuman
Selama bermain di pantai jangan biarkan anak-anak kehausan. Dehidrasi dapat membuat anak rewel, dan pastinya tidak sehat. Jangan lupa membawa makanan dan camilan favoritnya. Bermain air dan berenang membuat tubuh anak lelah dan cepat merasa lapar. Jangan lupa buang sampah makanan pada tempatnya, jangan mengotori pantai.

# Membawa Kotak P3K
Obat-obatan harus dibawa untuk berjaga-jaga. Anak-anak bisa saja terserang masuk angin atau mengalami luka saat bermain di pantai. (red)

foto: spmvacations.com