Masalah Kesehatan Umum pada Bayi yang Baru Lahir

Tips & Tricks - 10 Aug 2018

Kelahiran bayi adalah hal yang paling ditunggu-tunggu oleh setiap pasangan suami istri. Namun, sedihnya, kadang ada bayi yang baru lahir justru mengalami kesehatan. Jika bayi tersebut adalah anak pertama, sang ibu dan ayah biasanya akan merasa panik. Terlebih lagi jika Ia tak memiliki kemampuan merawat bayi sebelumnya.

Oleh karena itu, penting bagi calon ibu dan ayah untuk mengetahui masalah kesehatan yang sering terjadi pada bayi baru lahir. Bukan hanya sekedar tahu, namun juga cekatan untuk melakukan tindakan tepat agar bayi tetap sehat dan ceria. Beberapa masalah kesehatan yang biasa terjadi pada bayi yang baru lahir antara lain:

1. BAB dan BAK

24 jam pertama kehidupan, 90% bayi akan Buang Air Kecil dan mengeluarkan mekonium (feses berwarna hijau kehitaman)

2. Bayi Mudah Rewel

Bayi menangis tidak selalu karena lapar, hal ini biasanya disebabkan oleh karena ompol, kepanasan atau kedinginan.Cari permasalahannya dan lakukan solusinya.

3. Kolik

Bayi akan menangis keras dan biasanya ini disebabkan masalah saluran cerna bayi, alergi makanan, atau masalah psikologis. Namun bila diperiksa normal, tangisan akan berkurang pada usia 3 bulan. 

4. Gumoh

Gumoh adalah muntah ringan karena cairan yang keluar biasanya sedikit, seperti mengalir atau mungkin hanya menetes berupa susu yang baru saja diminumnya. Gumoh ini normal dan dialami bayi usia 0-12 bulan. 

5. Hidung Mampet

Hidung tersumbat atau mampet sering terjadi pada bayi usia 0-3 bulan. Penyebab umumnya adalah pilek atau polusi udara.

6. Kerak Topi 

Kerak topi biasanya timbul pada minggu pertama kelahiran, namun dapat juga terjadi pada usia 3-4 bulan. Kerak ini dapat dijumpai pada kulit kepala bayi yang berkerak dan berminyak.Kadang kala kerak juga dapat dijumpai di leher, wajah dan ketiak bayi.

7. Milia 

Bila terdapat bercak seperti jerawat berwarna putih pada dahi, hidung dan pipi bayi yang baru lahir, biasanya terjadi karena tersumbatnya kelenjar minyak pada kulit.

8. Mongolian Spot

Bercak kebiruan ini sering sekali ditemui pada bayi Ras Asia dan ini terlihat pada bagian bokong, punggung bagian bawah dan pundak. Namun bercak ini akan menghilang seiring pertambahan usia. 

9. Biang Keringat

Biang keringat terjadi karena tersumbatnya kelenjar keringat. Untuk mengatasinya cukup dengan memakaikan pakaian yang tidak terlalu tebal, dan segera ganti bila basah karena ompol atau ketumpahan makanan. (DL)

Foto: thebump.com