Mudik Nyaman Bersama Si Kecil

Featured - 17 Jun 2016

Lebaran sebentar lagi. Salah satu hal yang paling ditunggu-tunggu di momen istimewa ini adalah mudik atau pulang kampung yang sudah mendarah daging di masyarakat. Tahun ini pertama kalinya Anda membawa keluarga berlebaran di kampung halaman. 

Sudah terbayang repotnya menyiapkan segala keperluan mudik, terutama karena Si Kecil ikut serta. Kita semua tahu bepergian bersama anak-anak bukanlah perjalanan yang mudah. Bagaimana agar acara mudik keluarga berjalan dengan lancar dan nyaman meski membawa serta anak-anak? Tips berikut bisa menjadi panduan Anda dan keluarga: 


Siapkan Transportasi

Sebelum mudik, siapkan transportasi untuk menuju kampung halaman. Kalau Anda menggunakan kereta atau pesawat, booking atau pesan  tiket jauh-jauh hari. Tentukan juga kelas yang Anda ambil, ekonomi atau eksekutif. Tentunya disesuaikan dengan dana yang ada. 

Bila menggunakan bus,  pilih yang jarak antar bangkunya lebih lebar sehingga kaki dapat lebih leluasa. Sebaiknya membeli kursi untuk Si Kecil sehingga ia bisa duduk sendiri (terutama jika perjalanan jauh). 

Ada baiknya mempertimbangkan mudik dengan memakai kendaraan sendiri atau sewaan, karena lebih leluasa mengurus anak atau bayi saat mereka rewel. Jika Anda memutuskan untuk menggunakan kendaraan sendiri, pastikan keamanan dan keselamatan berkendara selama perjalanan. Sebelum berangkat, periksa kondisi mobil, terutama ban dan rem serta perlengkapan mobil. 

Jangan lupa membawa peta jalur mudik untuk memudahkan Anda. Sebaiknya berangkat di malam hari agar anak dapat tidur nyenyak dan istirahat. 


Packing

Kemasi barang-barang yang akan dibawa selama mudik dengan seksama. Terutama keperluan Si Kecil. Pilih barang-barang yang penting dan dibutuhkan saja agar tidak memenuhi kendaraan. Agar tidak ada yang terlewatkan, sebaiknya buat daftar keperluan Si Kecil, seperti:

Pakaian dan baju hangat (pisahkan pakaian ganti selama di perjalanan).

Peralatan mandi.

ASI atau susu formula dan perlengkapannya seperti botol, termos dan sebagainya. Jika  batita masih menyusui, ibu sebaiknya menyiapkan diri mengonsumsi makanan yang dapat memperbanyak dan memperlancar ASI, atai ibu dapat mempersiapkan ASI di dalam botol dan menyimpannya di cooler box. 

Diaper.

Tisu kering dan basah.

Kantong muntah.

Obat-obatan.

Mainan dan benda entertainment lainnya. Letakkan mainan kesukaan Si Kecil dalam plastic container atau box. Biasanya anak-anak suka merasa bosan selama perjalanan, dengan mainan, mereka bisa terhibur dan tidak rewel

Makanan  dan  camilan sehat untuk  anak, seperti buah, biskuit dan sebagainya. Jangan lupa membawa perangkat makan khusus untuk bayi dan anak.


Siapkan Mental

Perjalanan mudik tentunya melelahkan, khususnya bagi Si Kecil. Selain jarak yang panjang, juga kemacetan yang kerap menyertainya. Siapkan mental dan selalu berpikir positif bahwa semuanya akan  baik-baik saja. 


Menjaga Kesehatan

Saat melakukan perjalanan jauh, pastikan Anda dan anak-anak dalam keadaan sehat. Periksa kesehatan Anda dan Si Kecil sebelum berangkat mudik. Jangan melakukan perjalanan bila anak sedang tidak enak badan atau kesehatannya terganggu. Lebih baik ditunda sampai ia sembuh dan sehat kembali.


Istirahat

Jika Anda memakai kendaraan sendiri, jangan biarkan anak-anak terus-menerus berada dalam mobil. Luangkan waktu untuk berhenti dan istirahat. Biarkan ia menggerakkan badannya, atau melakukan aktivitas lainnya seperti bermain, makan, minum, buang air kecil, dan sebagainya.


Bangun Suasana Gembira

Sepanjang perjalanan hibur anak-anak dengan permainan atau musik kesukaannya. Anak-anak cenderung merasa bosan dan rewel saat perjalanan jauh dan membosankan. Sebab itu, hibur mereka agar tetap gembira sepanjang perjalanan. Jangan lupa bawa kamera  untuk mengabadikan momen penting kebersamaan Anda dan keluarga. Baik di perjalanan mudik maupun ketika merayakan lebaran. (YU)